Sponsors Link

Alasan Mesin Motor Trail SE Itu Kasar, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang gemar motor trail SE (special engine) pastinya sudah sangat mengenal dengan suara yang dihasilkan motor sobat bukan? Bahkan, mungkin sobat pernah mengira atau berpikiran bahwa suara kasar yang ditimbulkan tersebut merupakan tanda atau gejala terjadinya kerusakan pada motor sobat.

Perlu sobat ketahui bahwa hal itu sangatlah tidak benar, karena sebenarnya ada alasan lain yang menyebabkan suara motor trail SE itu kasar. Apakah sobat tahu alasannya?

Jika belum, maka sobat tak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai alasan mesin motor trail SE itu kasar.

Motor trail SE adalah salah satu motor khusus yang di gunakan pada medan trail yang biasanya di kenal extrem. Maka daripada itu, pastinya motor ini memiliki desain yang berbeda dengan kebanyakan motor yang biasa di gunakan di jalan raya.

Perbedaan tersebut tidak hanya pada tampilannya saja, namun juga pada masalah teknis yang berkaitan dengan kinerja komponen mesin motor. Mungkin banyak orang yang penasaran mengapa suara mesin motor trail special engine itu kasar.

Sebenarnya, hal ini tidaklah menandakan bahwa motor trail sobat sedang mengalami kerusakan. Jadi, mengapa suara motor trail SE kasar? Apa sih yang menyebabkan hal itu terjadi? Berikut adalah sedikit informasi atau ulasan mengenai alasan mesin motor trail SE itu kasar, yaitu:

Suara kasar karena jarak atau gap antar komponen mesin yang di buat agak renggang

Alasan mesin motor trail SE itu kasar, yaitu karena jarak atau gap antara komponen mesin yang sengaja di buat agak renggang. Sehingga akan membuat kinerja mesin semakin enteng. Selain itu, mengapa jarak antar komponen di buat agak renggang?

Karena hal itu juga bertujuan agar meminimalisir terjadinya gesekan antara komponen motor. Sebab, tidak jarang mesin motor trail di geber pada putaran mesin yang cukup tinggi oleh pengendaranya. kenapa motor bertipe sport pakainya suspensi monoshock bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Namun, perlu sobat ketahui bahwa dengan jarak antar komponen yang di buat renggang maka akan mempengaruhi jenis oli yang akan digunakan. Kebanyakan motor trail SE biasanya cocok menggunakan jenis oli yang encer seperti 15w-40, 15W-50, bahkan 20W-40.

Makanya sekali lagi sobat jangan heran kalau mendengar suara motor trail Eropa sedikit kasar di area mesin, karena hal itu adalah imbas jarak antar komponen yang sengaja di buat agak renggang.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai alasan mesin motor trail SE itu kasar yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga dengan melalui artikel ini, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply