Sponsors Link

Alasan Harus Sering Ganti Oli Jika Sering Bermacet – Macet Ria

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang tinggal di kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, dan Jakarta, pastinya pernah mengalami yang namanya terjebak kemacetan saat ingin pergi ke suatu tempat menggunakan motor sobat. Apalagi jika sobat tinggal di daerah Jakarta yang dikenal sebagai kota paling macet di Indonesia.

ads

Hal ini pasti akan membuat sobat merasa bosan karena setiap ingin pergi berkendara selalu terjebak macet. Namun, kali ini saya tidak akan membahas kota Jakarta dan kemacetannya karena saya akan memberikan informasi mengenai alasan harus sering ganti oli jika sering bermacet-macet.

Apakah benar, apabila kita sering terjebak dalam kemacetan saat berkendara akan membuat interval atau jarak pergantian oli semakin cepat ? jika memang hal tersebut benar, maka hal tersebut akan menjadi masalah besar bagi sobat bikers yang tinggal di kota Jakarta. Pasalnya kemacetan sudah menjadi makanan sehari-hari yang sering di jumpai di kota besar yang satu ini. Sehingga akan membuat sobat lebih cepat mengeluarkan uang untuk melakukan pergantian oli agar kinerja oli tetap maksimal.

Perlu sobat ketahui, bahwa memang benar hal tersebut dapat membuat sobat harus lebih cepat mengganti oli pada sepeda motor sobat jika ingin performa motor sobat tetap kondisi yang prima.Mengapa demikian ?berikut adalah beberapa alasan harus sering ganti oli jika sering bermacet-macet ria, antara lain :

1. Sudah Melebihi Masa Pakai Jika Menggunakan Regulasi Jam

Alasan harus sering ganti oli jika sering bermacet-macet ria yang pertama yaitu karena telah melebihi masa pakai oli jika menggunakan regulasi jam. Jam adalah regulasi pergantian oli yang paling akurat. Misalnya ada oli yang direkomendasikan untuk pemakaian 3000 jam atau 4000 jam, maka selama mesin menyalaakan tetap dihitung meskipun keadaan kena macet atau tidak.

Sehingga apabila sudah mendekati angka jam yang direkomendasikan tadi, maka sobat harus segera mengganti oli motor sobat agar kinerjanya dapat kembali maksimal lagi. cara ganti oli motor yang baik dan benar memang harus anda kuasai jika anda ingin menggantinya secara mandiri.

2. Umur Mesin Menurun

Alasan harus sering ganti oli jika sering bermacet-macet ria yang kedua yaitu karena jika sobat sering terjebak dalam kemacetan maka akan membuat umur mesin menurun. Ketika sepertiga dari perjalanan dihabiskan dengan berhenti dan dalam keadaan mesin yang menyala, hal ini akan menyebabkan terjadinya tekanan paling tinggi pada bagian penting mesin yang pada akhirnya menyebabkan keausan mesin mikroskopis pada bagian komponen mesin motor tersebut. Maka oli akan untuk menghindari itu, oli harus sering diganti agar kinerja dapat maksimal dalam melumasi mesin.

Demikianlah beberapa alasan harus sering ganti oli jika sering bermacet-macet ria.Jadi, kesimpulannya adalah sobat akan lebih sering atau lebihcepat untuk melakukan pergantian oli jika sobat sering terjebak dalam kemacetan. Terima kasih sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat dan juga tentunya dapat memberikan manfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply