Sponsors Link

Alasan Ban MotoGP Halus atau Botak

Sponsors Link

Jika anda adalah seorang pecinta motoGP tentunya anda pasti mengatahui salah satu perbedaan yang terdapat pada ban motoGP dan motor yang biasa. Coba anda lihat sobat, motor yang digunakan oleh para pembalap motop memiliki ban yang halus dan botak. Kondisi ini tentunya sangatlah jauh berbeda dari  kondisi ban yag harus kita gunakan setiap harinya. Karena pada umumnya, motor yang kita gunakan haruslah memiliki kembangan agar ban tersebut keset atau pakem pada saat kita melakukan pengereman dan juga agar ban tersebut tidak licin.

ads

Kondisi tersebut tentunya berbeda ya sobat pada ban motoGP. Ban motoGP halus dan botak. Adapun alasan ban motoGP halus dan botak tersebut dikarenakan ban yang halus pada balapan berfungsi agar daya cengkram ban ke lintasan / aspal lebih kuat dan mengimbangi power dari komponen mesin motor yang begitu besar yang digunakan oleh para pembalap motoGP tersebut.

Lantas demikian ada begitu banyak pertanyaan yang muncul dari kondisi ban motor para pembalap motoGP tersebut, antara lain :

Kenapa Tidak Bisa Tergelincir Meski Bannya Botak?

Ban para pembalap motoGP tersebut tidak tergelincir dikarenakan ban yang tidak menggunakan alur pada permukaan ban tersebut, maka secara otomatis bagian ban yang menempel pada jalan lebih banyak dari pada ban yang mempunyai alur. Dengan keadaan seperti ini, traksi atau cengkraman ban akan lebih besar dan membuat motor tidak akan mudah tergelincir. Pahami juga penting kenali ketebalan ban motor saat musim hujan.

Lalu Jika Hujan Turun Bagaimana?

Pertanyaan yang satu ini juga tergolong pertanyaan yang sering dilontarkan. Jika pada saat hujan turun dan pertandingan pembalapan masih berlanjut, maka sering kali para riders mengganti bannya. Biasanya para riders dan berkat bantuan dari tim nya akan melakuakan penggantian ban yang menggunakan ulir oleh karena jalanan pasti licin jika pada saat pertandingan namun hujan turun.

Ban yang mempunyai alur ini, mempunyai komposisi ban yang lebih lunak dibanding ban pada saat balapan dengan kondisi kering. Adapun fungsinya adalah untuk mengimbangi daya cengkraman ban yang berkurang pada lintasan / aspal karena adanya alur pada ban tersebut. Pada dasarnya, fungsi alur pada ban ini untuk mengalirkan air pada saat kendaraan melewati genangan air dan jua lumpur.

Jika Menggunakan Ban Alur, Cengkaramnnya Apakah Tidak Berkurang ?

Secara logika, memang benar jika menggunakan ban alur maka cengkraman ban yang digunakan oleh pembalap motoGP tersebut akan berkurang. Namun meski mengguakan alur, tentu saja jenis ban atau jenis alur yang digunakan oleh para riders tersenbut memiliki alur yang khusus dan jenis ban yang khusus pula, sehingga meski menggunaan alur namun daya cengkramnya tetaplah tinggi. Ban yang digunakan cenderung tetap lebih halus dan lunak sehingga tidak kaku pada saat digunakan.

Demikian sobat ulasan mengenai alasan ban motoGP halus dan botak yang bisa penulis sajikan buat sobat. Sekarang anda sudah paham ya sobat akan jenis ban yang digunakan oleh para pembalap motoGP tersebut. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply