Sponsors Link

Akibat Motor Terlalu Sering Gonta Ganti Bahan Bakar

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, BBM bagi kendaraan adalah ibarat darah dalam tubuh. Jika tidak ada BBM tersebut tentunya kendaraan kita tidak akan bisa difungsikan. Di Indonesia sendiri sobat, ada begitu banyak jenis bahan bakar yang bisa kita gunakan untuk kendaraan kita.

ads

Mulai dari bahan bakar yang ber octan rendah hingga bahan bakar yang memiliki octan tinggi. Sebut saja seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus dan beberapa jenis bahan bakar yang lainnnya. Beragam jenis bahan bakar tersebut bukan tidak memiliki makna tersendiri ya sobat, namun bahan bakar tersebut sengaja disediakan dalam beberapa jenis tentunya untuk memenuhi kebutuhan mesin kendaraan yang juga banyak jenisnya di Indonesia negara kita tercinta ini.

Nah sobat semua, berbicara mengenai berbagaia jenis bahan bakar tersebut, tentunya sobat semua penah melakukan pengisian bahan bakar yang tidak sama alias berbeda-beda pada saat habis dan melakukan pengisian ulang. Jika memang dalam keadaan darurat dan tidak sering dilakukan, mungkin tidak akan ada masalah, namun apabila anda melakukan  pengisian ulang tersebut secara gonta ganti maka hal ini akan berdampak buruk bagi mesin kendaraan anda.

Berikut ini adalah akibat motor terlalu sering gonta ganti bahan bakar, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Merusak Mesin Kendaraan Anda

Akibat yang pertama adalah bisa merusak komponen mesin motor kendaraan anda. Hal ini dikarenakan kompresi yang terdapat pada setiap  bahan bakar tersebut sudah mempunyai nilai octan tersendiri satu dengan yang lainnya yang tentunya sudah dikompresikan dengan jenis mesin kendaraan yang anda gunakan.

Oleh karena itu sobat, alangkah baiknya anda tidak menggunakan bahan bakar secara gonta ganti agar tidak menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan anda. Memang awalnya tidak begitu kelihatan, namun lama kelamaan hal tersebut akan berdampak serius pada performa mesin kendaraan anda.

2. Membuat Tarikan Mesin Loyo

Akibat yang kedua adalah membuat tarikan mesin kendaraan anda menjadi loyo. Hal ini dikarenakan pada saat anda melakukan pengisian ulang bahan bakar pada kendaraan anda tidak satu jenis, maka mesin anda akan melalukan penyesuaian kembali terhadap kompresi bahan bakar yang anda gunakan.

Sebut saja pada awalnya anda mengisi bahan bakar Pertamax dan kemudian anda mengisi kembali menggunakan Pertalite, bukan cuma kena nilai octan pada kedua jenis bahan bakar ini berbeda, tapi mesin anda akan kesusahan untuk menyesuaikan kembali jenis bahan bakar yang kedua, sehingga tenaganya akan menjadi loyo

3. Membuat Bahan Bakar Menjadi Boros

Akibat yang ketiga adalah bisa membuat bahan bakar menjadi boros. Jika anda mengunakan bahan bakar yang tidak konsisten alias gonta ganti, maka bukan hanya  mesin akan menjadi rusak, tarikan kendaraan loyo, namun juga akan membuat bahan bakar yang anda gunakan akan menjadi boros oleh karena ketidak konsistenan pemakaian bahan bakar tersebut.

Itulah sobat akibat motor sering gonta ganti bahan bakar yang bisa menjadi refrensi untuk anda pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply