Sponsors Link

Aki Kering vs Aki Basah, Mana yang Lama Umurnya?

Sponsors Link

Sobat bikers semua tentunya sudah mengenrti dan mengetahui fungsi aki pada motor anda ya sobat. Komponen yang satu ini tergolong komponen yang begitu vital dan tentunya memiliki peranan penting terhadap performa motor anda. Pada saat motor anda di starter awal, maka aki inilah yang berperan pening untuk mengalirkan daya atau tenaga listrik ke komponen kelistrikan pada motor anda, sehingga motor anda dapat menyala dan bisa anda gunakan.

ads

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari aki tersebut terhadap kendaraan roda dua anda, yakni sebagai berikut :

  • Untuk melakukan starter pada saat mesin kendaraan baru kali dinyalakan.
  • Untuk menyimpan tenaga listrik pada motor anda, sehingga pada saat komponen kelistrikan membutuhkan daya listrik tersebut, maka aki ini akan mengalirkannya ke komponen kelistrikan tersebut.
  •  Sebagai satbilizator terhadap semua komponen kelistrikan ada motor anda, sehinga tegangan sistem kelistrikan motor pada komponen tersebut tetap stabil.

Jadi sangat jelas ya sobat, bahwasannya komponen yang satu ini memiliki peranan dan juga fungsi yang sangat penting terhadap kendaraan anda.

Pada umumnya sobat, ada dua jenis aki yang bisa anda gunakan pada sepeda motor anda, yakni aki kering dan juga aki basah. Namun ada begitu banyak  sobat bukers yang bertanya, aki kering vs aki basah mana yang lebih lama umurnya? Untuk ulasan selengkapmya, yuk sobat kita langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Aki Kering

Aki kering merupakan jenis aki yang pada prinsipnya hampir sama dengan aki basah, akan teteapi yang membedakannya adalah aki kering ini tidak menggunakan air aki, melainkan menggunakan gel di dalamnya. Gel ini sendiri tidak mudah menguap seperti zat cair.

Sehingga menguntungkan bagi mereka yang menggunakan aki kering ini karena tidak perlu melakukan pengecekan setiap saat. Oleh karena aki jenis gel ini lebih tahan terhadap penguapan, maka aki kering ini lebih awet atau lebih panjang umurnya dari pada aki basah tersebut.

2. Aki Basah

komponen aki motor basah merupakan jenis aki yang menggunakan media air aki sebagai penghubung antara elemn seng yang ada pada aki tersebut. Adapun air aki basah ini pada umumnya menggunakan air suing ( kecuali saat pertama kali mengisi menggunakan cairan aki khusus ).

Air suing tersebut merupakan air murni yang berbentuk cair dan relative mudah menguap bila terkena panas.  Oleh karena mudahnya menguap tersebutlah, maka aki jenis yang satu ini tidak bisa bertahan lama. Namun meski demikian sobat, tidak ada salahnya anda menggunakan jenis aki yang satu ini, karena apabila dilalukan pengecekan dan perawatan secara rutin, maka bisa tetap bertahan awet.

Sponsors Link

Dari kesimpulan di atas berarti anda sudah bisa mentukan ya sobat aki kering vs aki basah mana yang lebih lama umurnya. Intinya kedua aki ini baik untuk anda gunakan asalkan sesuai dengan peruntukannya. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi refrensi buat sobat semua yang sudah kerkunjung dan membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Motor

Leave a Reply