Vario telah lama hadir di tengah masyarakat sejak Honda pertama kali mengeluarkan motor matic di Indonesia 2006, Honda semakin membuat gebrakan terbaru dengan terus berinovasi dengan produk-produk sepeda motor andalan. Honda Vario saat ini telah menjadi salah satu motor matic yang cukup digemari oleh beberapa orang. Vario sendiri memiliki varian yang bermacam-macam dari waktu ke waktu, oleh karena itu Vario menjadi salah satu produk motor matic yang unggul dari Honda.
Harga Honda Vario terbilang standar untuk matic di kelasnya, dengan teknologi yang dimililiki motor ini, Honda Vario mempunyai mesin yang tangguh yang mampu membuat pengendara nyaman untuk mengendarai motor ini. Harga Honda Vario berkisar antara 14 juta-an hingga 20 juta-an, yang di lengkapi dengan fitur-fitur kenyamanan, keamanan saat berkendara. Harga Honda Vario yang cukup relatif ini tidak menyulutkan pengendara untuk memilih Honda Vario sebagai kendaraan yang bersahabat.
Honda Vario FI
[tabby title=”Spesifikasi Rangka
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Tipe Rangka, :, Tulang punggung
Suspensi Depan, :, Teleskopik
Suspensi Belakang, :, “Lengan ayun dengan suspensi tunggal”
Ban depan, :, 80/90 – 14 M/C 40P
Ban belakang, :, 90/90 – 14 M/C 46P
Rem depan, :, “Cakram hidrolik dengan piston tunggal”
Rem belakang, :, “Tromol”
[/easytable]
[tabby title=”Dimensi & Berat
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
P xLxT, :, 1.888 x 679 x 1.091 mm
Jarak Sumbu Roda, :, 1.256 mm
Jarak Terendah dengan tanah, :, 140 mm
Berat isi, :, 95 kg
Kapsitas Tangki, :, 3.7 liter
[/easytable]
[tabby title=”Kelistrikan
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Sistem pengapian, :, Full Transisterized\, Baterai
Baterai, :, 12 V – 3 Ah (Tipe MF)
Tipe busi, :, ND U27EPR-9\, NGK CPR9EA-9
[/easytable]
[tabbyending]
Honda Vario 125
[tabby title=”Spesifikasi Mesin
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Tipe Mesin, :,”4 Langkah SOHC, pendinginan cairan”
Kelas, :, 125
Volume Silinder, :, 124.8 cc
Diameter x Langkah, :, 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi, :, 11.0 : 1
Daya Maksimum, :, 8.3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum, :, 10.8 N.m/5.500 rpm
Sistem Starter, :, Pedal dan elektrik
Kapasitas oli mesin, :, 0.8 liter pada penggantian periodik
Tipe kopling, :, Otomatis\, Sentrifugal\, Tipe kering
Tipe transmisi, :, Otomatis\, V-Matic
Pola pengoperasian transmisi, :, Otomatis
[/easytable]
[tabby title=”Spesifikasi Rangka
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Tipe Rangka, :, Tulang punggung
Suspensi Depan, :, Teleskopik
Suspensi Belakang, :,”Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal”
Ban depan, :, 80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ban belakang, :, 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem depan, :, “Cakram hidrolik, dengan shockbreaker tunggal”
Rem belakang, :, “Tromol – sistem pengereman CBS”
[/easytable]
[tabby title=”Dimensi & Berat
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
P xLxT, :, 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda, :, 1.280 mm
Jarak Terendah dengan tanah, :, 135 mm
Berat isi, :, 109 Kg
Kapsitas Tangki, :, 5.5 liter
[/easytable]
[tabby title=”Kelistrikan
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Sistem pengapian, :, Full Transisterized\, Baterai
Baterai, :, 12 V – 5 A.h (tipe MF)
Tipe busi, :, ND U22EPR-9\, NGK CPR9EA-9
[/easytable]
[tabbyending]
Honda Vario 150
[tabby title=”Spesifikasi Mesin
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Tipe Mesin, :,”4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP”
Kelas, :, 150
Volume Silinder, :, 150 cc
Diameter x Langkah, :, 57.3 x 57.9 mm
Perbandingan kompresi, :, 10.6 :1
Daya Maksimum, :, 9.3 kW / 8.500 rpm
Torsi Maksimum, :, 12.8 N.m / 5.000 rpm
Sistem Starter, :, Pedal dan elektrik
Kapasitas oli mesin, :, 0.8 liter pada penggantian periodik
Tipe kopling, :, Otomatis\, Sentrifugal\, Tipe kering
Tipe transmisi, :, Otomatis\, V-Matic
Pola pengoperasian transmisi, :, Otomatis
[/easytable]
[tabby title=”Spesifikasi Rangka
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Tipe Rangka, :, Tulang punggung
Suspensi Depan, :, Teleskopik
Suspensi Belakang, :,”Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal”
Ban depan, :, 80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ban belakang, :, 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem depan, :, “Cakram hidrolik, dengan shockbreaker tunggal”
Rem belakang, :, “Tromol – sistem pengereman CBS”
[/easytable]
[tabby title=”Dimensi & Berat
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
P xLxT, :, 1.921 x 683 x 1.096 mm
Jarak Sumbu Roda, :, 1.280 mm
Jarak Terendah dengan tanah, :, 135 mm
Berat isi, :, 109 Kg
Kapsitas Tangki, :, 5.5 liter
[/easytable]
[tabby title=”Kelistrikan
[easytable tablesorter=”0
Fitur,””,Keterangan
Sistem pengapian, :, Full Transisterized\, Baterai
Baterai, :, Battery 12V-5Ah\, tipe MF
Tipe busi, :, ND U22EPR-9\, NGK CPR9EA-9
[/easytable]
[tabbyending]
Feature & Tech Honda Vario
- Teknologi ACG Starter
Teknologi terbaru ACG Starter adalah treknologi dimana membuat mesin menjadi lebih baik dan pada saat menyalakan mesin motor terdengar lebih halus, tidak bising. Dengan kemampuan ini untuk motor matic Honda Vario akan semakin memberikan kenyamanan untuk para rider. Teknologi ACG Starter ini menggunakan perangkat starter yang elektrik pada mesin dengan mengandalakan putaran pada generator dalam memutar poros engkol.
Mengurangi suara kebisingan saat menyalakan mesin motor akan membuat performa dari motoror menjadi lebih baik. Kutub-kutub yang ada pada magnet permanen yang menempel pada dinding flywheel terdiri dari 12 kutub, kutub tersebut yang dapat membangkitkan listrik pada motor. Teknologi ini kini sudah bisa di rasakan pada Honda matic vario yang sebelumnya telah diterapkan pada motor matic Honda PCX.
- Smart Stand Switch
Keselamatan adalah faktor utama dalam berkendara, hal ini juga yang menjadi fokus utama bagi Honda yaitu memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Dengan fitur ini, motor akan berhenti secara otomatis jika pengendara lupa menaikan standar samping sebelum motor berjalan. Mesin motor tidak akan menyala sebelum dinaikkan kembali, fitur ini juga dapat di gunakan ketika sebaliknya pada saat mesin sedang dinyalakan atau dalam keadaan dijalankan.
- Teknologi Idling Stop System (ISS)
Teknologi ini dapat membuat mesin akan mati bila motor berhenti lebih dari 3 detik. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk pengendara dan membuat motor terasa lebih fresh dan tidak terlalu panas pada mesin. Kemampuan dari Honda ini membuktikan bahwa honda merupakan sepeda motor yang ramah lingkungan, dengan adanya fitur ini akan mengurangi bahan bakar yang terbuang secara percuma.
Idling stop system juga dapat di gunakan pada saat lampu merah. Pengendara juga dapat mengaturnya hanya dengan menekan tombol on off yang terdapat pada stang dan terlihat pada speedometer.
- Brake Lock
Teknologi brake lock adalah teknologi pengontrol rem untuk berkendara. Teknologi ini disebut sebagai tuas pengamanan rem, fitur ini terdapat pada rem sebelah kiri untuk rem belakang yang berfungsi untuk menahan motor meloncat ketika mesin dinyalakan. Sehingga pengendara akan tetap merasa aman meski melakukan pemanasan sebelum berkendara.
Honda Vario Indonesia
Pros
- Fitur dan teknologi terbaru merupakan honda smart yang membuat mesin semakin pintar dan bertenaga
- Hemat bahan bakar dengan teknologi eSP
- Dilengkapi dengan teknologi CBS dan fitur lainnya pendukung untuk Honda
Cons
- Body motor yang besar tidak cocok untuk pengendara yang memiliki tubuh kecil
- Bobot motor yang berat dan kurang ramping