Categories
Honda

6 Cara Setting Karburator Honda Beat agar Lebih Kenceng

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara setting karburator Honda Beat agar lebih kencang. Dalam berbagai komponen mesin motor bisa di modifikasi atau mengotak-atik mesin motor tersebut, namun anda harus perhatikan apabila salah penyetelan pada mesin motor ini akan membuat penyebab motor sering mogok dan cara mengatasinya cukup mudah dilakukan. Maka dari itu kita harus membuat Karburator Honda Beat harus menerapkan suatu cara untuk melakukan penyetelan pada karburator motor agar tidak terjadi gangguan.

Dalam dunia otomotif hal yang diutamakan pasti kecepatan dari motor, apalagi motor matic honda beat. Dari setiap komponen motor matic anda bisa memodifikasi motor matic beat hingga menjadi lebih kencang. Maka dari itu anda harus melakukan pengecekan pada setiap motor matic honda beat, apakah bisa memodifikasi atau tidak. Cara pengecekan anda bisa melakukan seperti cara mengecek mesin motor matic honda lainnya.

Memodifikasi bagian Karburator motor matic honda beat sangat diperlukan untuk anda yang sedang mencari cara agar bisa membuat lebih kencang. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika memodifikasi motor matic honda beat sehingga tidak akan pernah terjadi hal yang membuat kerusakan dimana komponen motor matic yang paling mudah rusak. Maka dari itu ketika ingin memodifikasi komponen lainnya lebih baik dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Nah bagi anda yang ingin membuat motor matic honda beat lebih kencang dengan cara setting karburator, anda bisa membaca pada artikel ini. Mungkin anda adalah orang yang tepat ketika membacanya, apalagi anda sedang mencari cara untuk membuat motor honda matic anda lebih. Ada beberapa poin yang sudah kami susun untuk dibaca oleh anda bahkan poin-poin yang ada dibawah ini dapat membantu bagi anda semua ketika ingin mencari cara-cara tersebut.

1. Penyetelan Pilot Jet Dan Main Jet

Main jet serta pilot merupakan salah satu komponen dari bagian spuyer karburator. Pilot jet berperan sebagai proses pengabutan pada bahan bakar dalam karburator yang mulai dari sebuah RPM terendah dan sampai dengan RPM tertinggi. Sedangkan pada main jet akan bekerja di RPM tinggi, yakni pada RPM 5000 keatas. Cara menggantikannya melalui cara seperti menaikkan dan menurunkan sebuah ukuran Pilot Jet maupun Main Jet.

Dengan demikian performa pada karburator Honda Beat menjadi lebih kencang atau oke punya. Memang pada umumnya tidak ada cara khusus untuk menaikkan serta menurunkan sebuah komponen pilot jet serta main jet. Apakah anda pernah mendengar tentang istilah Rule of thumbnya? Dimana istilah tersebut dapat menaikkan main jet serta membuat pilot jetnya lebih dari setengah ukuran standard. Jika anda salah menyetel pada pilot jet dengan demikian ini akan membuat penyebab motor ngempos di RPM tinggi dan cara mengatasinya sangat mudah dilakukan.

2. Perhatikan Pada Spuyer

Mengganti Spuyer harus diperlakukan dengan baik dan benar sehingga motor Honda Beat akan menjadi lebih kencang. Nah ketika spuyer tersebut ada yang bermasalah mungkin rusak kotor atau apapun itu, sebaiknya anda mengganti spuyer yang baru. Yang pastinya dengan mengganti Spuyer akan membuat performa mesin motor matic beat menjadi lebih tangguh.

3. Memainkan Needle

Needle jet merupakan salah satu komponen karburator yang berguna untuk membuat kencang pada motor Honda beat anda. Memang pada umumnya tidak banyak cara untuk melakukan pada saat memodifikasi motor Honda beat lebih kencang. Namun anda bisa melakukannya dengan cara memperhatikan pada needle jet apabila mengalami kerusakan atau sudah tidak berfungsi lagi.

4. Setting Skep/Katup Gas

Pada proses ini anda harus menekan sebuah katup gas dengan bantuan memutar sekrup hingga kedalam karburator, karena semakin ditekan pada katup gas hingga terbuka ini akan membuat performa semakin tinggi, bahkan RPM juga akan semakin tinggi. Ini dikarenakan adanya venteru yang miring sehingga didorong dengan menggunakan sekrup gas secara otomatis ini akan membuat katup gas terbuka dan menghasilkan sebuah motor Honda beat anda lebih kencang.

5. Membersihkan Karburator

Dari berbagai sepeda motor matic terbaik di Indonesia yang harus anda ketahui, namun walaupun motor matic tersebut terbaik di Indonesia pasti ini akan mengalami kendala atau masalah pada karburator. Seperti anda tidak pernah merawat motor matic sehingga karburator tersebut kotor atau mungkin berkarat. Maka dari itu kita harus merawat motor matic, apalagi pada karburator yang berperan sangat pada sebuah motor.

Cara merawat motor matic cukup mudah dilakukan sehingga motor matic honda beat anda tidak akan terkena masalah pada karburator. Karburator yang kotor atau berkarat akan membuat kinerja pada karburator tidak maksimal. Sehingga kita harus memperhatikan pada karburator dan membersihkan karburator kalau sudah kotor atau berkarat.

6. Cara lainnya

Selain cara-cara yang ada diatas, anda juga bisa melakukan dengan cara lainnya seperti cara-cara yang sudah disusun oleh, seperti yang ada dibawah ini.

  • Nyalakan mesin dan setting karburator motor matic, pastikan anda mendapatkan penyetelan yang pas dengan cara memainkan gasnya.
  • Disarankan kepada anda untuk menyetting pada baut angin serta mendengarkan suara yang tinggi, tentu saja tidak terdengar suara yang aneh pada sebuah knalpot walaupun lubangnya yang kecil apapun.
  • Ketika anda telah menyetting suara dari mesinnya, anda dapat menurunkan baut kalau terdapat baut dalam posisi tinggi, pada suatu posisi idle serta mesin tak mudah mati. Motor matic diputaran mesin sekitar 1300 hingga 1600 RPM, dengan begitu anda dapat stel dibagian box tepatnya pada jok motor matic Honda beat anda.
  • Setelah anda melakukan penyetelan di karburator yang sudah maksimal, anda harus cek beberapa kali dan menggunakan handle gas diputar, kemudian anda dengarkan suara raungan disetiap komponen-komponennya.
  • Cara lain ini dapat membantu anda untuk untuk motor Honda Beat dengan cara yang mudah bagi anda telah memahami cara-cara tersebut.

Itulah cara setting karburator Honda Beat yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, semoga dengan melalui pembahasan ini bisa membuat anda lebih mudah untuk melakukan penyetingan. Tapi perlu diingatkan bahwa ketika salah melakukan penyetingan dengan begitu bisa menjadi penyebab motor brebet di RPM rendah. Dengan demikian anda harus berhati-hati saat melakukan penyetingan, mungkin bagi anda yang belum memahami tentang cara membuat motor lebih kencang, alangkah baiknya anda membawa motor matic Honda Beat tersebut ke bengkel atau dealer terdekat.

Leave a Reply