Sponsors Link

Harga Yamaha T-Max dan Spesifikasi Lengkap

Sponsors Link

Yamaha mencoba untuk membuat Sport Matic yang elegan, serta memberikan pengalaman yang berbeda ketika berkendara. Di datangkan secara CBU tentu yang paling mencengangkan dari motor ini adalah harganya. 220 Juta rupiah OTR Jakarta menurut website resmi Yamaha Indonesia, apakah motor ini pantas untuk di pinang? Mari kita simak ulasan-nya!

ads

1. Spesifikasi & Desain

Yamaha T-Max 530Mesin 530 cc 2 silinder in-line DOHC mampu memuntahkan tenaga 32,4 kW pada 7.500 rpm dengan torsi maksimal mencapai 52,3 Nm pada 5.250 rpm. Memang tidak terdengar superior jika dilihat di atas kertas, namun torsi yang cukup besar di raih di RPM yang rendah sangat cukup untuk perjalanan jauh.

Spesifikasi Yamaha TMAX

Mesin 
  • Tipe mesin : Forward paralel 2-silinder, pendingin cairan , 4-stroke, DOHC dengan 4-katup
  • Kapasitas : 530.0cc
  • Diameter x langkah : 68,0 mm x 73,0 mm
  • Rasio kompresi : 10:09: 1
  • Daya maksimum : 34.2 kW / 6.750 rpm
  • Torsi maksimum : 52,3 Nm / 5.250 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Starter : Electric
  • Sistem pengapian : TCI
Transmisi
  • Kopling : Kering, otomatis sentrifugal
  • Transmisi : V-belt Automatic
Dimensi
  • P X L x T : 2.200 mm X 775 mm X 1,420-475 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.580 mm
  • Jarak dengan tanah : 125 mm
  • Tinggi jok : 800 mm
  • Berat isi : 217 kg
  • Kapasitas tangki BBM : 15 liter
Frame
  • Type : –
  • Suspensi Depan : Telescopic
  • Suspensi Belakang : swingarm
Sistem Pengereman / Ban
  • Depan :
    Hydraulic dual disc, 267 mm
  • Belakang :
    Hydraulic single disc, 282 mm
  • Ukuran Ban / Velg Depan :
    Tubeless , 127/70-15
  • Ukuran Ban / Velg Belakang :
    Tubeless 160/60-15
Color 
  • – Tech Graphite
  • – Competition White

Yamaha T-Max, Motor Seharga Rp. 220 Juta OTR Jakarta

Desain Gagah nan Kekar

Bicara Desain, Skutik ini punya desain bongsor dengan dimensi seperti moge. Panjang x lebar yang mencapai 2.200mm x 775mm membuat motor ini tidak cocok untuk melewati jalanan padat seperti di dalam kota. Namun, anda tetap mendapatkan kenyamanan jika terpaksa melewati perjalanan. Desain jok yang lebar dengan finishing yang rapih, membuat anda akan terasa nyaman ketika mengendarai maupun menjadi penupang Yamaha T-Max.

Lampu depan Yamaha T-Max terlihat hidup. LED Projector mampu memberikan penerangan yang maksimal dengan desain Lampu yang membuatnya semakin gagah. Suspensi depan upside down di dukung dengan ban 120/70-15 serta ban belakang 160/60-15 plus rem cakram dual disk pada bagian depan dengan sistem ABS.

Spion yang letaknya di body depan memang terlihat stylish, namun spion sperti ini pasti akan mengganggu terutama ketika memelewati jalanan sempit ataupun padat kendaraan. Bonusnya, anda akan mendapat perhatian dari pengendara di sekitar anda karna Anda membawa motor yang ‘tak biasa’ dijalanan.

lampu-belakang-yamaha-t-maxDesain spakbor yang menggantung seperti motor sport pastinya makin menambah kesan sport pada skutik ini.

Yah.. memang desain adalah selera. Namun saya pribadi kurang menyukai design lampu belakangnya. Berbentuk diamond dengan lampu sein di bagian kiri dan kanan memang terlihat manis. namun akan lebih gagah menurut saya jika lampu sein di buat terpisah dan menyatu dengan spakbor belakang ala motor sport Yamaha yaitu Yamaha R6. Garis-garis tajam membuat motor ini terlihat kekar dan gagah. Body bongsor-nya membuat motor ini pun semakin Moge Look. Namun tidak membuat skutik ini terasa futuristik. Desainnya justru masih terlihat kuno, apalagi di tambah dengan desain velg palang lima yang seperti skutik entry level. Bentuk knalpot pada motor ini besar dan panjang. Ini adalah masalah selera, namun saya kurang menyukainya. Knalpot dengan desain panjang, lebar dan besar terlihat seperti pipa paralon yang menempel pada motor ini. Memang tidak mengganggu desain secara keseluruhan. bagi sebagian orang, justru desain knalpot seperti ini akan membuat Yamaha T-Max semakin gagah mengikuti alur desain body yang besar.

Jika di lihat keseluruhan, motor ini sangat mirip dengan adiknya yaitu Yamaha N-Max. Bagi orang awam, mungkin akan berfikir bahwa Yamaha T-Max adalah Yamaha Nmax dengan sedikit modifikasi. Padahal, desain dari Yamaha T-Max lah yang diturunkan ke skutik berteknologi VVA yaitu Yamaha Nmax.

belt-yang-dibiarkan-terbukaKami sangat menyukai bagian mesin pada motor ini. Dengan belt yang di biarkan terbuka, rasanya motor ini seperti Harley Davidson yang juga memakai belt. Memang ini adalah scooter, dan scooter pasti memakai belt. Namun sekali lagi, belt pada Yamaha T-Max dibiarkan terbuka memberikan kesan cool and fancy pada motor ini serta terlihat nyeleneh dan unik.

2. Fitur

Fitur yang melimpah jelas wajib ada di-skutik sekelas ini. Dual LED Projector headlap, Dual disk depan tipe radial serta rem belakang juga sudah tipe radial. Mari kami bantu jelaskan soal Fitur-fitur yang ada pada motor ini.

Kunci Keyless Entry

kunci-keyless-tmax

Kunci keyless entry tentu memudahkan rider untuk menyalakan motor tanpa harus mengeluarkan kunci. Canggih bukan? Selain itu, kunci keyless ini bisa di non aktifkan dengan menekan tombol pada kunci. Sehingga, jika anda memarkir motor di sebuah kafe namun anda masih berdekatan dengan motor, tidak ada yang bisa menyalakan kunci. Untuk mengaktifkannya lagi anda hanya perlu menekan kembali tombol pada kunci selama 5 detik.

Speedometer
tmax-speedo-meter

Di speedometer pun cukup lengkap, ada odometer, jam, trip meter, putaran mesin sampai temperatur mesin. Sayangnya, desain dari speedo meter ini terlihat kuno dan biasa-biasa saja untuk motor semahal ini.

Suspensi, Windsheid dan Handle yang Adjustable

Di bagian suspensi depan Yamaha memberikan inverted fork ala motor sport yang fully adjustable tentu memanjakan anda ketika berkendara menggunakan motor ini. Tidak hanya suspensi depan, suspensi belakang pun adjustable dengan 5 tingkat. Windshield di bagian depan yang berguna untuk menahan angin dapat di atur ketinggiannya menyesuaikan dengan tinggi pengendara tersebut. Bagian handle rem yang adjustable layaknya sebuah moge membantu menyesuaikan motor dengan selera pengendara.

Bagasi

Bagasinya biasa saja untuk motor sekelas ini. Mungkin karna menggunakan mesin tegak, membuat bagasinya tidak terlalu besar namun cukup untuk menaruh helm fullface dan jas hujan di dalam bagasi. Metode pembukaan bagasinya pun tidak menggunakan kunci. Anda hanya perlu mengantugi kunci, lalu tekan tombol seat di bagian depan maka bagasi akan terbuka. Bagasi depan di bawah stang pun cukup untuk menaruh 3 botol minuman. ada dua buah bagasi kecil, terbuka di bagian kiri dan bagian kanannya bisa di kunci. Ada 12 volt DC outlet untuk charger, serta tempat untuk menaruh ponsel di dekat 12 volt DC outlet tersebut.

3. Riding Quality dan Performa

Riding position dari motor ini khas big scooter. Tegak namun tidak terlalu santai seperti Cruiser Honda NM4 Vultus. Posisi kaki anda bisa dibawah maupun diatas. Sejujurnya, jika perjalanan jauh tentu kaki akan lebih nyaman jika posisi-nya berada diatas, terutama untuk anda yang tingginya diatas 180 cm tentu akan lebih nyaman jika kaki diletakan di atas. Duduk diatas motor ini nyaman dengan jok yang empuk dan lebar. Bisa diatur jauh atau dekatnya sandaran punggung. Jika anda jadi penumpang, anda tidak perlu khawatir karena duduk di belakang pun sama nyamannya.

Menggunakan mesin inline 2 silinder DOHC 530 cc fuel injection dengan teknologi CVT ternyata power motor ini masih dalam batasan wajar. Sepertinya Yamaha hanya menawarkan big scooter yang nyaman digunakan sehari-hari maupun touring jarak jauh, Bukan untuk adu kencang. Sangat disayangkan mengingat Yamaha memberikan julukan Sport Matic pada motor ini. Seharusnya Yamaha memberikan power yang lebih besar jika memang ingin nama Sport Matic tersebut terasa sesuai. Ketika putaran gas ditarik, Transmisi CVT pada motor ini seperti menahan laju motor. Bunyi ‘ngorok’ khas skutik ketika di tarik pun muncul namun suaranya sangat berbeda dari skutik pada umumnya karna motor ini memakai silinder ganda. Pun begitu, mesin di atas 500cc bukanlah mesin yang pelan. Motor ini dapat berlari hingga 180 km/jam dan angka itu bukanlah angka yang kecil.

Handling

Handling adalah bagian yang paling mengesankan dari Yamaha T-Max. Dengan sasis Aluminium, Swingarm yang juga terbuat dari bahan aluminium membuat berat total dari Yamaha T-Max jauh lebih baik. Improvement yang di berikan, memberikan handling yang nyaman serta mendapatkan pengalaman berkendara yang berbeda. Suspensi depan upside down ala motor sport serta design shock belakang yang kompak turut membantu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Meskipun Yamaha T-Max bukanlah motor yang sesuai untuk cornering namun motor ini mampu memberikan pengendalian mantap ketika melahap tikungan. Bahkan anda akan lupa jika anda sedang membawa sebuah scooter, bukan motor sport yang menggunakan kopling dan perlu menaikan atau menurunkan gigi karena handling motor ini seperti motor sport.

Pengereman dan Traksi Ban

Menggunakan rem tipe Radial dengan 4 piston di padukan dengan dua floating disk brake berdiameter 267mm tentunya tidak perlu di ragukan sistem pengeremannya. Selain itu, dua buah disk brake di bagian depan membuat Yamaha T-Max semakin sporty dan menutupi design velg yang terlihat kuno tersebut. Di bagian rem belakang pun sudah memakai disk brake 2 piston untuk membantu pengereman.

Beralih ke traksi ban, dengan ban depan 120/70 ring 15 inch dan ban belakang 160/60 dengan ukuran ring yang sama yaitu 15 inch tentu membuat traksi ban lebih mantap. anda tidak perlu ragu untuk menikung cepat dengan tapak ban selebar ini, namun ingat, ketika anda menikung menggunakan motor ini jika terlalu miring pada saat menikung anda akan membuat standar motor ini terkena aspal.

Kesimpulan

Motor ini memberikan kenyamanan berkendara layaknya sebuah motor matic namun memiliki performa dan handling yang menyerupai motor sport. Jadi, motor ini sangat cocok untuk anda yang hoby melakukan touring namun tidak ingin merasakan pegal yang berlebih seperti membawa motor sport. Fitur keyless entry, bagasi yang dapat diandalkan tampaknya akan membuat anda jatuh cinta pada motor ini. Motor ini bisa dijadi kan motor kedua, atau ketiga untuk anda yang sudah memiliki motor sport. Desain yang kekar, dan sama sekali tidak menonjolkan sisi feminim meskipun ini adalah skuter matic. Apakah worth dengan harga Rp. 220.000.000 OTR Jakarta? Pilihan ada di tangan Anda.

Yamaha T-Max

Rp. 220.000.000
Yamaha T-Max
82

Harga

7/10

    Jaringan Service

    9/10

      Fitur & Teknologi

      10/10

        Konsumsi BBM

        8/10

          Garansi

          8/10

            Pros

            • Keyless Entry
            • Adjustable Shock, Handle dan Windsheild
            • Pengendalian Mantap
            • Torsi Besar

            Cons

            • Sparepart-nya sulit karna produk built-up
            • Konsumsi BBM seharusnya bisa lebih baik.

            Sponsors Link

            *Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

            , , , , , ,
            Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 06:19 Oleh :
            Kategori : Yamaha

            Leave a Reply