Sponsors Link

Harga Yamaha R-Series (R15 & R25)

Sponsors Link

Yamaha R-Series merupakan salah satu  motor sport andalan produksi dari Yamaha. Motor dengan mesin buatan Jepang ini memang telah merajai pangsa pasar sepeda motor di Indonesia sejak lama, tak heran antusiasme dari masyarakat akan motor sport keluaran dari Yamaha memang sangat dinantikan. Yamaha R-Series terdiri dari dua macam yaitu Yamaha R15 dan Yamaha R25, dimana terletak perbedaan kapasitas mesin dari kedua motor ini. Tentunya semakin tinggi kapasitas mesin yang dimiliki oleh motor tersebut sudah pasti memiliki tenaga dan perfoma yang lebih.

ads

Kebanyakan orang saat ingin membeli sepeda motor faktor utama sebagai bahan pertimbangan adalah harga. Harga Yamaha R-Series berkisar 28 juta-an hingga 40 juta-an, Harga Yamaha R-Series ini cukup terbilang mahal bagi beberapa orang, namun akan sangat sebanding dengan kepuasan saat sedang mengendarai motor ini. Harga Yamaha R-Series akan terupdate dan berubah-ubah seiring berjalannya waktu dan untuk beberapa wilayah di Indonesia sudah pasti berbeda, tetapi perbedaan dari harga satu ke harga lainnya tidaklah tinggi. Harga Yamaha R-Series yang di keluarkan resmi dari produsen adalah harga yang pantas untuk motor dengan kemampuan dan mesin yang luar biasa tangguh di berbagai medan.

TipeHarga
Yamaha R15Rp.28.000.000.-
Yamaha R25Rp.48.000.000.-

Pilihan Warna Yamaha R-Series:
  • Yamaha R15 Midnight Black
  • Yamaha R15 Racing Blue
  • Yamaha R15 Supernova Red

Spesifikasi Lengkap Yamaha R-Series


Mesin 150 CC

Spesifikasi Mesin


Fitur Keterangan
Tipe Mesin :  4-Langkah SOHC, Silinder Tunggal, Berpendingin Cairan
Kelas :  149.8cc
Diameter x Langkah :  57 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi :  10.4 : 1
Daya Maksimum :  14.8 PS/8500 RPM
Torsi Maksimum :  13.10 nm/7500 RPM
Sistem Pengabutan : Injeksi
Sistem Pendingin : Karburator
Sistem Starter :  Elektrik Starter
Sistem Pelumas : Basah
Kapasitas oli mesin :  Total: 1.15 L / Berkala: 0.95 L / Ganti Filet Oli: 1 L
Tipe kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe transmisi : Return 6 Kecepatan
Pola pengoperasian transmisi :  1-N-2-3-4-5-6

Spesifikasi Rangka


Fitur Keterangan
Tipe Rangka :  Delta Box
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Ban depan :  90/80-17 Tubeless
Ban belakang :  130/80-17 Tubeless
Rem depan : Cakram 245mm
Rem belakang : Cakram 220mm

Dimensi & Berat


Fitur Keterangan
P xLxT : 1.975 x 660 x 1.070 mm
Jarak Sumbu Roda :  1.345 mm
Jarak Terendah dengan tanah :  160 mm
Tinggi Tempat Duduk : 800 mm
Berat isi :  136 Kg
Kapsitas Tangki :  12 Liter

Kelistrikan


Fitur Keterangan
Sistem pengapian :  T.C.I
Baterai :  12V – 3.5 Ah(10 H)


Mesin 250 CC

Spesifikasi Mesin


Fitur Keterangan
Tipe Mesin : 4 langkah, 8 Valve DOHC Berpendingin cairan
Kelas : 150
Jumlah / Posisi Silinder :  2 Silinder / Tegak
Diameter x Langkah :  60.0 x 44.7 mm
Perbandingan Kompresi :  11.6 : 1
Daya Maksimum :  27.2 kW / 1.200 rpm
Torsi Maksimum :  23.2 Nm / 10.000 rpm
Sistem Starter :  Elektrik Starter
Sistem Pelumas : Basah
Sistem Bahan Bakar :  Fuel Injection System
Kapasitas oli mesin :  Total = 2.40 L
Tipe kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe transmisi : Return 6 Kecepatan
Pola pengoperasian transmisi :  1-N-2-3-4-5-6

Spesifikasi Rangka


Fitur Keterangan
Tipe Rangka :  Diamond
Suspensi Depan :  Teleskopik
Suspensi Belakang : Swing Arm
Ban depan :  110/70 – 17 M/C
Ban belakang :  140/70 – 17 M/C
Rem depan : Cakram hidrolik, Piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik, piston tunggal

Dimensi & Berat


Fitur Keterangan
P xLxT :  2.090 mm x 720 mm x 1.135 mm
Jarak Sumbu Roda :  1.380 mm
Jarak Terendah dengan tanah :  160 mm
Tinggi Tempat Duduk :  780 mm
Berat isi :  166 kg
Kapsitas Tangki :  14.3 L

Kelistrikan


Fitur Keterangan
Sistem pengapian :  T.C.I
Baterai :  GT28V (MF Battery 7Ah)
Tipe busi :  CR 93 (NGK)


Sponsors Link

Teknologi pada Yamaha R-Series

Yamaha R-Series yang terdiri dari dua jenis yaitu R15 dan R25 merupakan sepeda motor sport yang di desain aerodinamis berbentuk runcing dan elegan pada bagian belakang, di lengkapi dengan mesin injeksi berkecepatan 6 transmisi yang semakin membuat performa motor menjadi tak tertandingi. Terdiri dari beberapa teknologi pada motor ini dengan fitur-fitur yang mendukung motor menjadi lebih powerfull, Yamaha R-Series ini begitu menawan. Berikut adalah penjelasannya:

  • Teknologi Fuel Pump

Fuel pump merupakan teknologi untuk menghemat listrik motor lebih efisien. Dengan tekanan 250 kpa tipe brusless guna menunjang agar motor lebih handal. Pada bagian commutator tidak ada brush kemudian pada mekanis akan diatur oleh microcontroller yang membuat putaran pada motor akan lebih tinggi namun dengan penggunaan listrik yang rendah mengakibatkan suara mesin motor yang halus.

  • Teknologi Throttle Body

Teknologi ini bekerja saat mesin sedang dalam kondisi yang dingin yang memudahkan menghidupkan mesin motor seperti autochoke, bekerja sesuai sinyal pada ECU dan sensor injeksi pada motor.

 => Throttle Position Sensor; Merupakan pendeteksi bukaan pada tutup throttle. Pembukaan pada throttle akan terdeteksi dan terpantau oleh TPS ini yang kemudian akan mengirimkan sinyal pada bukaan throttle di ECU untuk memerintah injektor menyemprotkan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan pada TPS.

=> Intake Air Pressure Sensor; IAPS bekerja untuk mendeteksi tekanan pada pada lubang masuk Intake untuk mengatur penyemprotan bahan bakar yang terjadi menyesuaikan dengan keadaan di sekelilingnya. Seperti contoh, saat mengendarai motor di daerah dataraan tinggi dengan di daerah dataran rendah, tentunya pemakaian bahan bakar akan sangat berbeda. Pada dataran tinggi memiliki suhu udara yang rendah dan tidak terlalu panas, berbeda dengan dataran rendah yang memiliki suhu udara yang tinggi atau panas. Hal ini akan mempengaruhi sensor pada intake yang kemudian di lanjutkan pada filter udara untuk mengatur tingkat konsumsi bahan bakar.

=> Intake Air Temperature Sensor; IATS adalah teknologi dimana saat pengendara berkendara di daerah yang dingin yang membuat motor akan beradaptasi dengan likungan sekitar melalui filter udara melalui sensor identitas udara agar motor tetap stabil.

  • Injector

Injector adalah bagian yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar melalui selang bahan bakar dari fuel pump sampai ke ruang bakar. Banyaknya jumlah seprotan yang dikeluarkan ini tergantung pada perintah ECU yang akan menerima sinyal yang diterima TPS.

Feature Yamaha R-Series

deltabox(1)

>> Deltabox
Rangka motor yang kuat dengan bergaya super bike yang sporty, akan membuat Yamaha R-15 dan Yamaha R25 ini semakin elegan dengan rangka yang kokoh.

lampu-depan-ganda(1)

>> Headlamp
Headlamp ganda akan memberikan penerangan yang lebih bercahaya dan lebih terang, terutama saat pengendara sedang mengendarai motor ketika malam hari.

racing-handgrip(1)

>> Racing Handgrip
Genggaman stang yang sempurna, kuat dan nyaman untuk saat berkendara semakin membuat Yamaha R-15 dan Yamaha R25 elegan dan sporty.

aluminium-rear-arm(1)

>> Alumunium Rear
Dengan mesin fuel engine bertipe LC4V ini akan menghasilakan performa yang lebih powerfull dan tidak akan menguras habis bahan bakar yang ada.

speedometer(1)

>> Speedometer Digital
Dengan Speedometer digital yang memudahkan notifikasi indikator untuk pengendara dalam melihat kecepatan, lampu sen, tangki bahan bakar, lampu utama dan lainnya dengan tampilan yang lebih sporty.

split-seat(1)

>> Split Sit
Tempat jok penumpang yang didesain meninggi terlihat layaknya super bike yang akan mendukung berkendara lebih ramping.

tail-light(1)

>> LED Tail Light
Menggunakan lampu LED pada lampu belakang akan semakin membuat Yamaha R15 dan R25 semakin menawan. Fitur ini adalah fitur pertama yang pernah ada di Indonesia.

wider-tyre(1)

>> Wider Tyre
Memiliki ukuran ban yang lebi lebar dan kokoh yang mempu berjalan dengan split dan lebih stabil saat dikendarai.

Asymmetrical Rear Arm

>> Asymmetrical Rear Arm & Twin Tube Rear Suspension
Memiliki lengan anyun yang asimetris akan membuat motor semakin kuat dan kokoh yang membuat pengendalian lebih stabil.

mufler

>> Mid Ship Sporty Muffler
Untuk Yamaha R25, tampilan lebih muffler lebih sporty dengan dimensi compact untuk memberikan keseimbangan Center of Gravity yang begitu sempurna saat dikendarai dan menghasilkan suara yang lebih halus dan lembut.

Kelebihan Yamaha R-Series

Sponsors Link

1. Desain yang canggih

Diihat dari tampilan desain motor ini, sudah tidak diragukan lagi bahawa Yamaha R15 dan R25 dari R-Series ini sangatlah memukau. Desain yang sangat sporty dan aerodinamis membuat motor ini akan semakin bersinar saat dikendarakan, hal ini juga didukung dengan adanya fitur-fitur yang menarik dan canggih layaknya speedometer digital. Fitur yang multifungsi pada speedometer menjadikan speedomter ini sebagai fokus utama bagi pengendara, yang berfungsi penyampaian informasi seputar motor tersebut dengan tampilan yang memukau layaknya motor balap.

2. Menggunakan Alumunium Swing Arm

Dengan adanya fitur ini, Yamaha telah menciptakan gebrakan baru untuk motor dengan kelas 150 cc yang pertama kali menggunakan alumunium swing arm pada motor berjenis ini.

3. Desain oleh Valentino Rossi

Yamaha R15 terbentuk dengan adanya campur tangan dari juara moto gp kelas dunia yaitu Valentino Rossi, meskipun Yamaha R15 memiliki kemiripan dengan motor R1 namun Yamaha R15 juga tidak kalah tangguh luarbiasanya dengan motor R1.

Kekurangan Yamaha R-Series

1. Yamaha R15 memiliki spesifikasi mesin yang masih terbilang cukup kecil bila dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Honda. Jika keduanya dibandingkan dengan seksama, mulai dari aplikasi mesin yang digunakan sampai kapasitas tangki bahan bakar motor Yamaha terbilang masih rendah dengan Honda.

Yamaha R-Series Indonesia

Yamaha R-Series Indonesia
8.7

Harga

9/10

    Jaringan Service

    9/10

      Fitur & Teknologi

      9/10

        Konsumsi BBM

        9/10

          Garansi

          8/10

            Pros

            • Tampilan dan desain sportynya selalu menjadi primadona untuk para riders.
            • Irit bahan bakar dengan sensor filter dan mesin injeksi.
            • Memiliki body yang ramping cocok untuk dalam kondisi jalanan macet.
            • Body yang besar sangat cocok untuk pria tinggi.

            Cons

            • Jok penumpang terlalu tinggi, kurang nyaman untuk penumpang saat berkendara.
            • Rasio kompresi kecil.
            • Torsi yang minim.

            Sponsors Link

            *Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

            , , ,
            Post Date: Wednesday 01st, April 2015 / 08:44 Oleh :
            Kategori : Yamaha

            Leave a Reply

            Your email address will not be published.