Sponsors Link

4 Penyebab Motor Susah Hidup di Pagi Hari

Sponsors Link

Motor yang susah hidup di pagi hari tentu saja sangat menyebalkan. Ketika kita sedang akan buru – buru untuk pergi beraktivitas di pagi hari, ternyata motor susah sekali untuk dihidupkan. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas kita. masalahnya, terkadang kita sendiri juga sering kurang mmahami mengapa motor kita sulit sekali dihidupkan di pagi hari.

ads

Berikut ini adalah beberapa penyebab motor susah hidup di pagi hari :

  1. Ukuran pilot jet yang tidak sesuai

Motor yang mesih menggunakan sistem karburator, cukup mudah untuk menebak mengapa sulit untuk dihidupkan pada pagi hari. Apabila sudah melakukan upaya choke, namun tetap susah untuk dinyalakan pada pagi hari, maka ada kemungkinan ukuran pilot jet pada karburator yang tidak pas atau kekecilan. Pilot jet merupakan komponen di dalam karburator yang tugasnya mengatur sistem jetting motor pada rpm rendah (dibawah 5000). Ketika anda mengalami kesulitan pada rpm bawah seperti itu, maka solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti pilot jet motor anda dengan ukuran yang lebih besa. Hal ini cukup membantu.

Penggunaan pilot jet biasanya berbanding lurus dengan kebutuhan mesin dan juga setelan lainnya. Jadi hal ini juga perlu diperhatikan, sehingga nantinya motor anda tidak susah lagi dinyalakan pagi hari.

  1. Bensin yang tidak naik ke sistem karburasi

Masalah berikutnya yang bisa menyebabkan motor menajdi sussah dihidupkan pada pagi hari adalah karena bensin yang tidak mau naik. Hal ini bisa terjadi karena keran vakum yang tersumbat, ataupun kondisi karburator yang kotor. Hal ini biasanya bisa disiasati dengan memompa karburator, yang populer dengan istilah dibekep, sehingga bensin dapat turun ke dalam karburator, dan mesin bisa menyala dengan mudah.

Namun demikian, biasanya untuk mengatasi masalah ini, pabrikan sudah memberikan solusi, berupa tuas choke pada motor anda. tuas choke ini memiliki fungsi yang mirip seperti cara kerja bekep ini, sehingga bensin dapat dipaksa turun ke sistem karburasi.

  1. Busi yang sudah lemah

Penyebab lainny ayang dapat membuat motor susah hidup di pagi hari adalah kondisi busi dan juga segala perangkat pengapian yang mungkin sudah lemah. Pengapian yang sudah lemah tentu saja akan lebih sulit untuk menyalakan sebuah mesin, dan tidak hanya pagi hari, namun juga pada siang hari. Pengapian yang lemah ini juga seringkali dikaitkan dengan kondisi busi yang sudah melemah, sehingga api yang dihantarkan oleh busi tersebut menjadi tidak optimal, yang tidak mampu untuk membakar bensin yang sudah siap untuk diproses di dalam ruang bakar.

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa part yang berkaitan dengan kondisi pengapian yang sudah lemah :

  1. Banyak karbon dan kerak sisa pembakaran yang menumpuk

Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan motor susah hidup di pagi hari adalah sampah. Ya, benar, sampah. Sampah disini berarti sisa sisa kerak, alias deposit kerak yang menempel pada bagian head, sebagai akibat dari pembakaran sebelumnya. Kerak yang menumpuk ini akan membentuk jelaga, yang dapat menghambat transfer api dari busi di dalam ruang bakar. Maka dari itu, untuk mengatasinya, anda bisa membersihkan kerak tersebut dengan menggunakan carburetor cleaner, ataupun menggunakan bahan bakar beroktan 92 ++, yang memiliki kemampuan untuk membersihkan kerak dan juga sisa – sisa hasil pembakaran di head.

Apa yang harus dilakukan ketika motor susah hidup?

ads

Nah, ketika kita sudah mengetahui mengapa dan apa saja penyebab motor kita susah hidup d pagi hari, maka saatnya kita mencari solusi yang tepat. Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah motor susah hidup di pagi hari ini. berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi motor yang susah hidup di pagi hari :

  • Pastikan dulu penyebab motor susah hidup dari ke 4 penyabab yang sudah disebutkan diatas.
  • Lakukan tindakan perbaikan untuk mengganti part – part yang menyebabkan motor menjadi sulit dan susah hidup di pagi hari
  • Dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 untuk keperluan pembesihan dan pencegahan penumpukan karbon
  • Gunakan part pengapian sesuai dengan spesifikasi motor anda

Lalu, ketika motor kita susah hidup, apa yang harus dilakukan? Yang pertama adalah tentu saja kita tidak boleh panic, marah dan tetap harus tenang. Ada beberapa hal teknis yang bisa kita lakukan, seperti :

  1. Tekan tuas choke, lalu selah motor anda 10x berturut – turut dengan cepat tanpa memutar gas
  2. Setelah itu anda putar kunci dalam posisi On, kemudian lakukan langkah yang sama
  3. Apabila motor masih belum memperlihatkan tanda – tanda akan menyala, putar gas hingga penuh, lalu selah satu kali dengan kencang, biasanya pada motor yang mengalami masalah pada keran vakum bensin dan juga masalah deposit karbon, cara ini bisa berhasil.
  4. Apabila tidak berhasil, cobalah untuk menyalakan motor dengan cara didorong, pada saat motor sudah meluncur, putar kontak ke posisi ON, lalu masukkan ke gigi satu. Apabila pada saat cara ini digunakan, motor tidak mau hidup, berarti ada masalah dari pengapian, dan kemungkinan masalah pada keran vakum bensin.

Selamat mencoba.

artikel menarik lainnya:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 16th, February 2016 / 10:11 Oleh :
Kategori : Tips
3 Comments on “4 Penyebab Motor Susah Hidup di Pagi Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.