Sponsors Link

20 Tips Memilih Sepeda Motor Bekas

Sponsors Link

Anda ingin memeliki sepeda motor, namun dana terbatas? Jangan khawatir, sepeda motor bekas bisa menjadi pilihan. Walaupun namanya bekas, namun banyak sepeda motor yang dijual dengan kondisi sangat baik. Asal kita pintar memilihnya, maka kita akan mendapatkan sepeda motor impian kita. Berikut ini beberapa tips dalam memilih sepeda motor bekas.

ads

tips membeli motor bekas

1. Budgeting

Hal yang paling penting dari membeli sebuah motor bekas adalah budgeting. Sesuaikan kemampuan finansial anda dengan harga jual dari motor bekas. Apabila hanya memiliki uang sebesar 5 juta, jangan mengincar motor bekas dengan harga 10 juta, yang mana tidak mungkin untuk dibeli walaupun terjadi proses tawar menawar. Bijaklah dalam mencari motor yang sesuai dengan budget dan kemampuan finansial yang anda miliki.

2. Tentukan Fungsi dan Tujuan dari Pembelian Motor Bekas

Semua yang anda lakukan haruslah memiliki tujuan. Anda haru mengetahui, untuk apa motor bekas ini saya beli. Untuk ngojek kah, untuk transport sehari-hari kah, atau hanya untuk koleksi? Janganlah overbuy, masih berkaitan dengan point pertama, sesuaikan juga antara tujuan dan budget yang anda miliki.

 3. Pilih Jenis Motor yang Diinginkan

Setelah mengetahui budget yang dimiliki, dan tujuan dari pembelian motor bekas, silahkan anda tentukan jenis motor yang akan anda pinang. Banyak sekali jenis motor yang bertebaran di Indonesia. Mulai dari motor matic, bebek, sport, hingga motor offroad. Sesuaikan pula motor dengan kebutuhan atau kesenangan anda.

4. Cari Tahu Spesifikasi Motor Incaran Anda

Sudah punya motor bekas incaran?? Nah, kalau sudah, anda sekarang dapat mulai mencari spesifikasi lengkap dari motor yang anda incar. CArilah sedetil-detilnya. CC, kemampuan motor, kelebihan, kekurangan, pokoknya semuanya. Motor ini boros atau irit, enak dikendarai atau tida dan sebagainya. Di dunia maya sudah bertebaran berbagai review dari segala macam motor, mulai dari review positif hingga yang negative.

 5. Cek Harga Pasar dari Motor Incaran Anda

Oke, sekarang anda sudah menegetahui motor incaran anda termasuk dalam tipe motor apa, dengan kemampuan seperti apa, serta kekurangannya. Sekrang saatnya anda mencari tau range harga dari motor incaran anda. Apabila harga motor incaran anda sesuai budget, maka lanjutkanlah dengan mencari motor incaran anda di dealer atau mencari di media periklanan. Namun apabila tidak sesuai dengan budget, silakan cari motor lain yang sesuai dengan budget anda. jangan memaksakan kemmapuan finansial anda.

 6. Jangan Hanya Terpaku pada 1 Jenis dan Merk Saja

Merk dan jenis motor bekas sangatlah banyak. Maka ada baiknya anda memiliki daftar lain jenis dan merk motor yang dapat anda pilih sebagai cadangan. Karena tidak semua motor yang anda incar berada dalam kondisi baik, dan sebaliknya, mungkin ada beberapa merk atau jenis motor bekas lain yang memiliki spesifikasi hampir sama yang memiliki kondisi lebih baik. Selalu berikan pilihan lain dalam daftar pilihan anda, namun jangan terlalu banyak, agar nantinya anda tidak bingung sendiri.

7. Carilah Motor Bekas di Dealer-Dealer Mokas terpercaya

ads
Bisnis jual beli motor sudah menjamur dimana-mana. Banyak dealer yang menyajikan promo menarik, seperti kredit motor bekas, harga di bawah pasar, dan masih banyak lagi. Intinya adalah, ketika anda memutuskan untuk membeli motor bekas di dealer motor bekas, pastikan anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari dealer tersebut. Disinilah pentingnya anda mengetahui harga pasar dari motor yang anda incar. Kadang ada segelintir dealer yang bermain harga, dan menaikan harga selangit. Selain itu, jangan langsung tergiur dengan promo-promo menarik dari dealer motor bekas. Namun demikian membeli motor bekas di dealer cukup menguntungkan, selain terdapat program cicilan, biasanya dealer juga menyediakan jasa pengurusan surat-surat secara resmi.

8. Bisa juga Mencari di Iklan-Iklan Penjualan Motor di Berbagai Media

Bagi anda yang  kurang percaya dengan dealer motor bekas, atau merasa trauma, anda bisa mencoba menghubungi penjual secara langsung, dengan cara melihat iklan-iklan penjualan motor di berbagai media. Baik itu media cetak maupun elektronik. Biasanya transaksi pembelian seperti ini cukup menguntungkan, karena anda bisa menawar secara kekeluargaan, dan dapat menambah tali silahturahmi.

9. Penting! Usahakan Mencari Motor Bekas yang ‘Tetanggaan’ dengan Anda

Tetanggaan di sini bukan artinya motor tetangga yang anda beli, namun usahakan anda membeli motor yang surat-surat serta lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda. Hal ini harus diperhatikan, karena biaya pengurusan surat-surat kendaraan dari luar daerah cukup menguras kantong, dan lagi apabila motor bekas tesebut dibawa dari daerah yang cukup jauh, biaya pengirimannya pun harus diperhitungkan. Lebih baik carilah motor bekas yang dijual di lokasi sekitar anda, agar bisa menerapkan prinsip LSB. Lihat, Senang, Bawa Pulang.

10. Riwayat Kendaraan Haruslah Baik

Yup, setelah semua beres dan anda menemukan penjual yang memiliki motor bekas sesuai dengan kondisi finansial dan urgensi anda, maka sekarang saatnya melihat histori dan riwayat motor bekas tersebut. Yang pasti, motor bekas tersebut bukanlah motor curian, motor sitaan, motor yang sedang dijaminkan, ataupun motor orang lain. Hehehe. Pastikan juga apakah motor tersebut pernah mengalami kecelakaan dan kerusakan yang cukup parah. Apabila pernah, usahakan untuk mencari penjual lain dengan riwayat motor yang lebih baik. Namun apabila tidak, anda harus bisa menerima konsekuensinya apabila anda mengambil motor tersebut.

11. Kelengkapan Surat-Surat adalah Syarat Mutlak

Semua kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor wajib dilengkapi surat-surat resmi dari pihak Kepolisian, seperti BPKB san STNK. Jangan mau mengambil dan menerima motor yang STNK atau BPKB nya sedang dijaminkan. Cari info juga, apakah KTP dari nama yang tertera di BPKB masih berlaku dan dapat digunakan untuk keperluan balik nama. Selain itu cek juga keaslian BPKB dan STNK si motor. Apabila BPKB atau STNK hilang, pastikan si pemilik memiliki surat tanda kehilangan BPKB atau STNK, apabila tidak, silahkan tinggalkan motor tersebut.

12. Periksa Kondisi Fisik dari Motor Bekas

Riwayat OK, surat pun OK. Sip, sekarang saatnya cek kondisi fisik dari motor bekas pilihan anda. Pertama, cek dulu kondisi body keseluruhan. Baret di bagian tertentu akan mengurangi harga dari motor tersebut, so telitilah terlebih dahulu. Setelah itu cek fungsi panel-panel speedometer, lampu dan indikator motor tersebut. Kemudian, cek juga kondisi roda dan mesin, serta bagian-bagian lain dari si motor.

13. Bawalah Kenalan Montir atau Kerabat yang Mengerti Mesin dan Kondisi Kendaraan

Bagi anda yang kurang mengerti mesin, tidak ada salahnya untuk membawa montir atau kerabat yang mengerti tentang mesin. Minimal kerabat anda mengerti kondisi mesin yang layak dijalankan dan tidak layak dijalankan. Setelah itu minta pendapat mereka tentang motor bekas yang akan anda ambil tersebut.

14. Jangan Membeli Motor yang sudah Dimodifikasi apabila Tidak Mengerti

Ini satu lagi bagi anda yang kurang mengerti mesin dan perangkat-perangkat modifikasi kendaraan, terutama sepeda motor. Jangan coba-coba untuk memilih sepeda motor yang sudah dimodifikasi oleh pemilik sebelumnya apabila anda tidak mengerti. Carilah motor dengan kondisi standar. Apabila anda tidak mengerti tentang mesin dan modifikasi pada motor, maka anda bisa dengan mudah dikelabui mulai dari harga jual motor, dan nantinya kemungkinan anda untuk dikelabui oleh montir semakin tiinggi.

15. Wajib Hukumnya: Test Drive!

Nah, setelah anda mengetahui seluk beluk motor bekas yang akan anda ambil, maka anda wajib melakukan test drive. Ingat, WAJIB! Ini dilakukan untuk membuktikan bahwa motor bekas yang akan anda ambil, benar-benar berada dalam kondisi prima dan enak serta nyaman untuk dikendarai. Cobalah melakukan test drive berbelok, mengerem, test tingkat kekerasan shock, akselarasi, dan kelistrikan motor.

16. Aktif Bertanya dengan Si Penjual

Sembari melakukan test drive, aktiflah dalam bertanya dengan penjual. Tanyakan lagi tentang motor yang akan anda ambil secara detail. Apabila ketika test drive anda merasakan ada yang kurang enak dan kurang nyaman, langsung tanyakan. Janganlah anda nantinya menyesal kemudian.

Sponsors Link

17. Perkirakan Kebutuhan dan Biaya Perawatan

Ketika anda sudah mengetahui kondisi dari motor bekas yang akan anda ambil, anda harus bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan dalam merawat motor bekas. Ingat, sebaik-baiknya kondisi motor bekas, jauh berbeda dengan kondisi motor yang brand new. Paling tidak anda juga harus memeikirkan biaya-biaya spare part slow moving yang harus anda tebus nantinya. Jangan sampai anda sudah bisa mendapatkan motor bekas anda, namun anda tidak bisa menebus biaya perawatannya kelak.

18. Negosiasikan Harga dengan Tenang dan Jangan Terburu-Buru

Baiklah, akhirnya motor idaman anda sudah hamper di tangan. Proses selanjutnya adalah proses yang paling penting. Negosiasi. Yap, ini adalah motor bekas, harga pun disesuaikan dengan harga pasar dan kondisi motor. Setelah anda merasakan motor tersebut, anda dapat mulai melakukan negosiasi. Berikan tawaran harga yang menarik, tidak terlalu jauh dari harga awal, namun tidak terlalu mahal juga bagi kantong anda. Usahakan jangan terburu-buru dalam memberikan penawaran. Santai saja. Apabila anda memberikan penawaran secara terburu-buru, maka nanti bisa jadi anda malah salah menyebutkan penawaran, yang nantinya malah merugikan diri anda sendiri.

19. Jangan Memaksakan Diri!!

Sudah suka dengan motornya, tapi ternyata harganya tidak bisa dinegosiasikan? Yasudah, tinggalkan saja, dan carilah motor bekas lain dengan harga yang masih bisa di negosiasikan. Saying memang, namun mau bagaimana lagi, apabila harga yang ditawarkan tidak sesuai, jangan paksakan diri anda untuk mengambil motor bekas tersebut. Mungkin belum rejeki, siapa tahu masih ada lagi motor lain yang bisa dibeli dengan budget anda.

20. Cepat Move On

Move on? Kok kaya pacaran aja? Iya, kalau satu motor tidak bisa anda dapatkan, jangan anda menyesalinya. Move on lah, dan jangan terlalu memikirkan motor yang tidak bisa anda dapatkan. Apabila anda tidak dapat move on dari motor yang tidak bisa anda ambil tersebut, ada kemungkinan anda akan sulit mencari motor lain lagi, karena secara tidak sadar, anda akan membanding-bandingkan antara motor yang tidak bisa anda dapatkan tersebut dengan motor lain. Apabila hal ini terjadi, anda akan sulit untuk mencari motor bekas yang sesuai dengan keinginan anda.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam memilih motor bekas. Apabila anda bisa memilih dengan tepat, pasti nantinya anda akan mendapatkan motor bekas yang berkualitas, yang tidak kalah dengan motor keluaran terbaru.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, February 2015 / 09:19 Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply