Sponsors Link

11 Kelebihan Pertamax Untuk Sepeda Motor

Sponsors Link

Jenis bahan bakar apa yang digunakan pada sepeda motor pada umumnya? Premium, Pertamax atau Pertamax Plus? Mungkin pengendara juga masih bingung di antara ketiganya, dan lebih memlih Premium karena faktor harga yang relatif lebih murah dari bahan bakar lainnya, tanpa memperhatikan kondisi mesin dan kebutuhan dari mesin pada motor.

ads

pertamaxSecara teknis, pilihan akan menggunakan bahan bakar jenis apa tergantung dari pada rasio kompresi yang dimiliki pada motor. Rasio kompresi ini merupakan rasio atau perbandingan kompresi atau tekanan yang akan terjadi ketika piston naik dan piston turun ( TMA dan TMB ). Rasio kompresi ini tidak perlu di hitung sendiri, karena pabrikan – pabrikan motor pasti sudah pasti merilis rasio kompresi dari motor – motor yang dijual di dalam brosur. Dan biasanya pula, pabrikan akan memberikan rekomendasi jenis bahan bakar yang wajib diisikan ke dalam tanki bahan bakar.

Mesin – mesin motor modern yang diproduksi kisaran tahun 2004 hingga saat ini biasanya memiliki rasio kompresi diata 8 : 1 sampai 12 : 1. Secara teknis dan teoritis, mesin dengan rasio kompresi 8 : 1 hingga 12 : 1 membutuhkan asupan bahan bakar yang bernilai RON atau Research Octane Number alias kadar oktan senilai 92. Bahan bakar dengan nilai oktan 92 ini salah satunya adalah Pertamax.

Pertamax merupakan produk buatan Pertamina yang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Sudah banyak sekali masyarakat yang mengakui keunggulan dari bahan bakar non – subsidi ini. Dilihat dari kacamata penggunaan motor dengan nilai kompresi di atas 8 : 1 hingga 10 : 1.

Kelebihan dari Pertamax Untuk Motor

1. Pembakaran Yang Lebih Baik

Salah satu keunggulan dari bahan bakar jenis Pertamax ini adalah lebih sempurna dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin motor. Dengan sifatnya yang lebih sulit terbakar dibandingkan premium, Pertamax mampu membuat proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar menjadi lebih efisien. Dengan efisiensi ini, maka proses pembakaran yang terjadi pun akan menjadi lebih baik.

2. Emisi Gas Buang yang Baik

Penggunaan bahan bakar jenis pertamax terbukti menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Emisi gas buang yang lebih baik ini, alias renda ini bisa diperoleh berkat penyempurnaan proses pembakaran yang terjadi. Sifat bahan bakar Pertamax yang lebih sulit untuk terbakar membuat penggunaaannya di dalam ruang bakar menjadi lebih efisien, hingga berdampak pada emisi gas buang yang lebih rendah.

3. Ramah Lingkungan

pertamax-ramah-lingkunganDengan pembakaran yang lebih efisien dan sempurna, serta rendahnya emisi gas buang yang dihasilkan oleh bahan bakar jenis Pertamax ini, maka otomatis bahan bakar ini masuk ke dalam kategori bahan bakar yang Eco Friendly atau ramah lingkungan.

Terlepas dari kondisi mesin motor, Pertamax mampu membuat terobosan baru dalam penggunaan bahan bakar minyak yang berkualitas dan ramah terhadap lingkungan.

 

4. Bebas Timbal

Eco friendly atau bahan bakar yang ramah lingkungan semakin melekat pada bahan bakar pertamax ini. Dengan tidak adanya kandungan timbal dan logam lain, membuat Pertamax menjadi bahan bakar yang benar – benar ramah terhadap lingkungan.

Sponsors Link

Selain itu Pertamax ini juga membuat ruang bakar, klep, busi, serta piston dari motor terhindar dari deposit atau pengendapan yang diakibatkan oleh timbal, sehingga bisa dibilang bahan bakar Pertamax bisa membuat mesin menjadi lebih bersih.

5. Penambahan zat Aditif

Dalam meningkatkan RON atau Research Octane Number menjadi 92, Pertamax menggunakan tambahan zat – zat aditif yang berguna selain untuk menambah nilai RON, juga dapat menambah performa dari mesin motor. Zat – zat aditif ini ditambahkan sesuai dengan hasil riset dari Pertamina, dan tentunya memiliki kualitas bahan bakar yang tidak diragukan lagi.

6. Kualitas yang baik

Dengan tidak mengandung kadar timbal, serta logam – logam lain dalam Pertamax, membuat bahan bakar ini memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan penambahan zat – zat aditif dalam mendongkrak nilai RON hingga menjadi 92 juga menambah kualitas dari bahan bakar produksi Pertamina ini.

7. Lebih Irit

Untuk masalah keiritan, sudah banyak testimony dan pengakuan dari para konsumen bahan bakar Pertamax ini yang mengklaim bahwa motor mereka menjadi lebih irit dibandingkan menggunakan bahan bakar jenis Premium. Hal ini disebabkan oleh sifat dari Pertamax yang sulit untuk terbakar, yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih sempurna sehingga mengurangi kemungkinan bahan bakar yang mudah habis terbakar sebelum kembali pada posisi TMA, yang berujung pada detonasi atau dikenal dengan istilah ngelitik.

8. Perawatan yang lebih mudah

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, membuat bahan bakar Pertamax menjadi banyak pilihan di kalangan pengguna motor di Indonesia. Keunggulan lain dari bahan bakar Pertamax ini adalah membuat perawatan motor akan menjadi lebih mudah.

Karena tidak mengandung timbal, serta proses pembakaran yang lebih sempurna akan membuat bagian dalam ruang pembakaran seperti head, klep, busi, serta piston memiliki kadar deposit atau kerak yang minim. Dan tidak perlu sering – sering untuk melakukan servis pada bagian hanya untuk membersihkan kerak – kerak atau deposit yang menempel.

9. Performa yang Lebih Baik dan Responsif

Dengan pembakaran yang lebih sempurna, penambahan zat aditif serta kualitas pada bahan bakar yang baik dan terjamin akan membuat motor memiliki performa yang lebih baik dan lebih responsive. Sehingga putaran gas pada motor akan terasa lebih enteng dan beban kerja mesin juga akan dirasakan menjadi lebih ringan.

Selain itu, karena minimnya kandungan deposit dan kerak – kerak yang menempel pada ruang pembakaran juga akan menambah performa motor menjadi lebih baik dan lebih responsive.

Sponsors Link

10. Sangat Cocok Untuk Motor Injeksi

Saat ini, motor – motor baik bebek, matic, maupun sport sudah mengaplikasikan teknologi injeksi, yaitu bahan bakar yang proses pencampuran dan proses pembakarannya menggunakan bantuan injector. Dengan menggunakan bahan bakar Pertamax maka bahan bakar ini akan menjaga bagian injector yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar, yaitu nozzle menjadi tetap bersih dan tidak akan tersumbat.

11. Hemat Biaya

Penggunaan bahan bakar jenis Pertamax yang memiliki banyak keunggulan akan membantu pengendara dalam menghemat biaya, terutama biaya perawatan spare part pada mesin motor. Dengan kondisi ruang bakar yang lebih bersih serta injector yang juga bersih maka part – part tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, terlepas dari bagaimana pengendara mengendarai motor, atau kualitas dari spare part yang tertanam pada motor. Apabila spare part tersebut bisa bertahan lebih lama, maka sudah pasti pengendara bisa menghemat biaya bongkar – bongkar mesin yang diakibatkan penggunaan bahan bakar yang salah.

Itulah 11 kelebihan dan keunggulan Pertamax bagi motor. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memilih Pertamax sebagai bahan bakar yang tepat bagi kendaraan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 24th, February 2015 / 10:33 Oleh :
Kategori : Teknologi
5 Comments on “11 Kelebihan Pertamax Untuk Sepeda Motor
  • sy pkai pertamax dr 2005 sampai skrg isi 50 rb Perjalanan 150 km Pp sampai di rumah 2 garis lg.
    tp td pas isi pertamax sy kaget kok bauk ya kyk bensin N lambat meresap.biasa ya klo pertamax di tangan lansung dingin N cpt meresap. Apakah pom bensin ya sdh mengoplos pertamax x premium.
    Pengalaman baru kali ini sy Rasakan aroma pertamax kyk bensin.trims

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.