Sponsors Link

4 Fungsi Knalpot pada Kendaraan Bermotor

Sponsors Link

Knalpot. Pasti sudah bukan merupakan istilah asing lagi bagi anda. Tidak perlu mengikuti pembelajaran mengenai teknik mesin, siapapun pasti sudah kenal dengan apa yang disebut knalpot. Ya, knalpot sendiri secara teknis merupakan saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Maka dari itu, kebanyakan knalpot diletakkan pada bagian belakang kendaraan, karena berisi sisa – sisa pembakaran kendaraan. Penggunaan knalpot dalam teknologi mesin sudah lama sekali digunakan, baik pada mesin kendaraan ataupun mesin industri (yang sering dikenal dengan nama cerobong). Knalpot sendiri pada kendaraan bermotor terdiri dari bebrapa bagian. Berikut ini adalah beberapa bagian dari knalpot pada kendaraan bermotor :

ads
  • Header

Header merupakan bagian ujung knalpot yang dipasangkan kepada mesin. Jumlah header pada knalpot sangat tergantung dengan berapa banyak jumlah silinder yang diperlukan atau dimiliki oleh mesin kendaraan. Fungsi utama dari header adalah menghubungkan keseluruhan dari sistem knalpot (full system) dengan sistem buang atau ex yang dimiliki oleh suatu kendaraan bermotor. Sistem ex atau gas buang ini merupakan sisa dari hasil pembakaran yang tejadi di alam ruang bakar suatu kendaraan bermotor.

  • Resonator

Bagian kedua dari knalpot adalah resonator atau yang biasa kita kenal dengan nama saringan knalpot. Resonator banyak dimiliki oleh kendaraan bermotor yang berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin.

  • Silencer

Silencer juga memiliki fungsi yang mirip dengan resonator, untuk membantu meminimalisisr suara bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Silencer biasa diletakkan pada bagian ujung knalpot. Pada kendaraan bermotor roda dua, biasanya silencer juga berisi saringan yang berfungsi sebagai resonator, sedangkan pada roda 4 biasanya resonator berada di bagian kolong mobil, sedangkan silencer berada terpisah.

Pada mesin bukan 4 tak atau 4 langkah, yang sering kita kenal dengan istilah mesin 2 tak, terdapat satu bagian knalpot lagi yang berperasn sangat penting, yaitu chamber. Chamber pada knalpot 2 tak ini berfungsi untuk melakukan gaya balik terhadap gas buang, dikarenakan teknologi 2 tak tidak memiliki katup ex dan juga in layaknya kendaraan 4 tak yang umum saat ini. Chamber dapat berperan untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan 2 tak secara signifikan, karena chamber sangat berperang untuk melakukan proses perputaran gas masuk dan gas buang yang terjadi pada saat pembakaran sedang berlangsung.

Sponsors Link

Itu adalah beberapa bagian – bagian dari knalpot pada kendaraan bermotor.

Fungsi knalpot

Saat ini, knalpot memiliki banyak sekali fungsi bagi kelangsungan hidup dari kendaraan bermotor itu sendiri. Meskipun terlihat kecil dan sepele, namun knalpot memiliki peran vital untuk kendaraan bermotor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari knalpot pada kendaraan bermotor :

  1. Meredam suara ledakan yang dihasilkan di dalam ruang bakar

Fungsi utama dari knalpot pada kendaraan bermotor adalah untuk meredam suara ledakan pada ruang bakar. Ruang bakar akan menimbulkan ledakan – ledakan yang besar ketika terjadi proses pembakaran. Ledakan ledakan besar ini memiliki suara yang sangat memekakan telinga, terlebih lagi pada kendaraan dengan kapasiatas silinder besar dan banyak. Karena itu, knalpot sangat penting untuk meredam suara ledakan tersebut hingga menjadi lebih enak untuk didengar dan tidak menimbulkan polusi suara.

  1. Meningkatkan tenaga dari kendaraan

Fungsi knalpot lainnya adalah untuk meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Namun demikian, hal ini tidaklah bersifat mutlak, artinya, tidak semua penggantian knalpot dapat meningkatkan tenaga pada kendaraan bermotor. Hal ini sangat tergantunga dari desain knalpot dan juga bahan – bahan serta perhitungan matang dari knalpot terhadap speseifikasi mesin. Dengan melakukan perhitungan yang tepat, maka hal ini akan meningkatkan tenaga mesin dari kendaraan bermotor anda.

  1. Sebagai pemanis dan ornamen kendaraan

Sebagai fungsi lainnya, knalpot juga sringkali difungsikan sebagai pemanis kendaraan. Beberapa knalpot memang memiliki bentuk dan juga desain yang unik. Desain dan juga bentuk dari knalpot yang unik ini seringkali dijadikan sebagai pemanis dari kendaraan bermotor, untuk tujuan penampilan. Biasanya hal ini diaplikasikan pada kendaraan bermotor yang akan diikutkan ke dalam suatu kontes.

Sponsors Link

  1. Untuk mengurangi polusi udara

Teknologi terbaru dari knalpot saat ini adalah penggunaan catalityc converter. CC atau catalytic converter ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi dari sebuat kendaraan bermotor dan juga dapat mengurangi peningkatan dari polusi udara.

Penggunaan Knalpot Racing

Saat ini, penggunan knalpot racing marak sekali digunakan oleh para pemilik kendaraan bermotor. Baik itu untuk fungsi efisiensi tenaga atau bisa juga hanya untuk fungsi ornamen saja. namun demikian, yang pasti adalah penggunaan knalpot racing apabila digunakan sebagaimana mestinya, dalam artian memiliki perhitungan volume yang tepat pastilah dapat meningkatkan efisiesnsi dan juga tenaga dari kendaraan bermotor yang bersangkutan. Namun demikian, perlu diperhatikan juga, karena biasanya knalpot racing pada kendaraan bermotor dapat mengganggu lingkungan karena menimbulkan polusi suara dan juga memiliki gas buang yang lebih banyak dan menimbulkan polusi udara.

Baca juga : Motor paling cepat & Motor yang cocok untuk touring

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 12th, September 2015 / 13:16 Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply

Your email address will not be published.