5 Fungsi Gear Pada Sepeda Motor

Advertisement

Salah satu komponen yang mungkin sering terlewatkan oleh para bikers adalah gear dan juga rantai. Gear dan juga rantai adalah sebuah komponen yang mungkin tergolong kecil, dan juga tidak terlalu mahal harganya, namun memiliki fungsi yang sangat penting. Sangat pentingnya, bahkan ketika gear dan juga rantai mengalami kekendoran, hal ini akan berpengaruh kepada performa motor para bikers. Apa saja sih sebenarnya fungsi dari gear pada sepeda motor?

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari gear pada sepeda motor:

  1. Sebagai penggerak roda

Fungsi gear yang pertama pada sepeda motor adalah sebagai penggerak dari roda. Saat ini banyak motor menggunakan sistem penggerak roda belakang, karena dianggap paling efisien untuk menjalankan sebuah mesin yang menggunakan dua buah roda saja seperti sepeda motor. Fungsi ini sama seperti fungsi gear pada sebuah sepeda, yaitu berguna dan juga berfungsi untuk menggerakkan roda belakang pada sepeda motor. Jadi, tanpa adanya gear, jangan harap sepeda motor anda dapat berjalan.

  1. Sebagai pentransfer putaran mesin ke roda sepeda motor

Secara umum, gear memang berfungsi sebagai penggerak roda belakang, pada sepeda motor maupun pada sepeda biasa. Namun secara teknis, pada sepeda motor itu sendiri, gear memiliki fungsi yang didefiniskan sebagai pentransfer putaran mesin ke dalam roda, sehingga sepeda motor dapat berjalan. Pentransferan ini menggunakan prinsip putara mesin, yang diatur dengan posisi gigi transmisi, yang kemudian, putaran mesin tersebut akan memutarkan bagian engine sprocket, yang kemudian ditransfer menjadi sebuah tenaga yang dapar memutar roda, menggunakan rantai yang tersambung dengan bagian gear belakang sepeda motor.

  1. Mengatur nafas perpindahan gigi pada motor

Kedua fungsi diatas adalah dua buah fungsi umum dari sebuah gear pada sepeda motor. Ketika anda ingin mengubah dan mengutak atik performa kendaraan anda, terutama sepeda motor anda, maka gear juga merupakan salah satu hal yang bisa anda rubah untuk mendapatkan perbedaan berkendara. Salah satu fungsinya adalah dapat membantu mengatus nafas pada kendaraan bermotor, terutama sepeda motor anda.Ya, gear set pada sepeda motor menggunakan ukuran mata gear yang berbeda-beda. Kombinasi dari ukuran mata gear, bak gear depan (engine sprocket) dan juga gear belakang (rear sprocket) ini akan menghasilkan sebuah tenaga, dan juga nafas dari sepeda motor.

Patokan utama adalah perbandingan rasio dari kedua buah gear yang dibuat standar pabrik. Cara menghitungnya adalah jumlah mata gear belakang dibagi dengan jumlah mata gear depan. Hasil pembagian itu, misalnya 2.987 adalah jumlah rasio final gear pada sepeda motor anda. utnuk memperoleh sebuah rasio yang lebih kecil, maka anda bisa mengganti gear belakang dengan ukuran mata yang lebih kecil, atau menggangi mata gear depan dengan lebih besar, sehingga nantinya ketika dihitung, rasio akan menjadi lebih kecil dari rasio final gear standar.

Sponsors Link

Rasiao Final gear yang lebih kecil daripada rasiao standar, akan membuat sepeda motor memiliki nafas yang lebih panjang, sehingga membuat anda tidak perlu cepat – cepat melakukan perpindahan gigi, namun menurunkan akselarasi. Sebaliknya, rasioa final gear yang lebih besar akan mengurangi nafas transmisi gigi motor anda, namun akan meningkatkan akselrasi.

  1. Meningkatkan atau menurunkan akselarasi sepeda motor

Fungsi gear pada nomor 4 ini masih berkaitan dengan fungsi gear sebelumnya. Ya, melakukan modifikasi ringan denan cara mengubah final gear rasio pada sepeda motor anda akan mengatur peningkatan atau penurunan akselarasi spontan yang dimiliki oleh motor anda. hal ini membuat motor anda terasa lebih galak, karena mampu berakselarasi lebih kuat, meskipun tidak mempengaruhi top speed pada sepeda motor anda.

ads

Akan tetapi, terutama bagi anda yang sering berkendara dengan menggunakan sepeda motor pada medan yang cukup berat, seperti medan offroad, dan juga banyak tanjakan dan juga perbukitan, maka anda bisa mencoba untuk mengubah final gear rasio anda menjadi lebih besar, sehingga hal ini akan membuat motor anda memiliki akselarasi yang lebih baik dan kuat untuk menanjak.

  1. Penyeimbang roda belakang sepeda motor

Fungsi gear yang terkahir, tertuama pada gear di belakang juga memiliki fungsi lain yang mungkin kurang dipahami oleh banyak orang. Gera belakang pada sepeda motor juga berfungis untuk menyeimbangkan roda belakang sepeda motor, terutama ketika sedang berakselarasi. Hal ini dapat kita buktkan, terutama ketika bagian gear belakang berada dalam keadaan tidak center, maka hal ini akan menyebabkan laju kenadaraan agak tersendat, dan sepeda motor anda akan terasa seperti bergoyang ketika melakukan akselarasi. (baca juga: manfaat rem hidrolik bagi motor)

Tips merawat Gear sepeda motor

Nah, anda sekarang sudah memahami bahwa yang namanya gear sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting bagi sepeda motor anda. Berikut ini adalah beberapa tips yan gbisa anda lakukan untuk menjaga dan juga merawat gear sepeda motor anda :

  1. Selalu gunakan chain lube dan juga chain wax, jangna pernah gunakan oli bekas ataupun oli gear untuk matic, apalagi menggunakan gemuk dan oli garden
  2. Bersihkan rantai sebulan sekali, dengan air dan juga sabun, untuk merontokkan kotoran dan juga debu yan gmenempel
  3. Selalu setel gear dan juga rantai dalam posisi center, agar berkendara lebih nyaman dan juga lebih seimbang
  4. Ketika gear sudah mengalami aus, segera ganti dengan yang baru, dan ada baiknya ganti satu set
  5. Gunakan gearset dengan kualitas yang bagus, dan benar-benar kuat. Jangan terpaku pada model dan juga bentuk gearset yang menarik saja
  6. Ketika motor anda harus menerjang banjir dan juga hujan deras, segera semprot denga air PAM, agar tidak menimbulkan karat yang mengganggu.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, February 2016 / 09:06 Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply

Your email address will not be published.