Sponsors Link

Pilih Motor Matic atau Manual ? Review Lengkap

Sponsors Link

Apabila anda masih merasa bingung untuk memilih antara motor matic ataupun motor gigi, maka beikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan, baik dari motor matic dan juga motor gigi sebagai bahan pertimbangan anda

ads

Kelebihan motor matic

  1. Mudah dikendarai, tidak perlu repot memindahkan gigi

Kelebihan dari motor matic yang pertama adalah mudah dikendarai dan tidak perlunrepot mengoper gigi. Ya, bagi anda yang membutuhkan kendaraan yamg simple dan juga mudah dikendarai, mati adalah kendaraam yang sangat cocok. Apalgi bagi anda yang tidak paham mengenai perpindahan gigi. Tinggal gas saja, maka anda bisa langsung menempung jarak berkilo – kolometer tanpa harus repot menekan kopling ataupun memindahkan gigi. Sangat mudah bukan?

  1. Bentuk dan desain motor matic yang menarik

Motor matic saat ini sudah mengusung desain yang menarik. Jadi bagi amda yang ingin memiliki motor yang menarik dari segi desain, maka motor matic adalah pilihan yang sangat tepat untuk anda miliki. Desainnya sporty, dan juga bebberapa memiliki desain yang retro, sehingga dapat memberikan pengalamn tersendiri dalam mengendarai motor matic.

  1. Ketersediaan sparepart yang banyak

Anda juga tidak perlu khawatir dengan ketersediaan spare part serta komponen motor matic. Ada banyak sekali spare part motor matic yang bisa anda peroleh dengan mudah di bengkel manapun. Mulai dari kualitas murah hingga kualitas original, anda bisa dapat dengan mudah memperoleh spare part nya.

  1. Tenaga putaran atas baik

Dari segi tenaga, motor matic bisa dibilang memiliki tenaga yang cukup baik, terutama di putaran atasnya. Ketika anda sudah mendapatkan momentum yang tepat, maka motor matic anda bisa melaju dengan cepat dan gesit, sehingga anda tidak akan terlambat ke tempat anda beraktivitas.

  1. Tidak pegal saat macet

Salah satu kendala utama tinggal di daeraj perkotaan adalah jalanan yang macet. Ya, jalanan yang macet terkadang membuat kita merasa malas menggunakan motor gigi, karena pegal dam melelahkan. Namun, dengan menggunakan motor matic, maka anda tidak akan merasa pegal apabila terjebak macet. Tugas anda hanya menarik gas dan juga rem saja, sehingga tidak akan merasa pegal di tengah – tengah kemacetan.

Sponsors Link

Kekurangan motor matic

  1. Cenderung lebih boros

Kekuranhan pertama dari motor matic adalah cenderung lebih boros dibandingkan dengan motor gigi dengan kapasitas mesin yang sama. Hal ini disebabkan karena Tarikan awal motor matic yang kurang, sehingga memaksa ridernya untuk menarik gas lebih dalam, yang akan menyebabkan kebutuhan bahan bakar meningkat.

  1. Tarikan kurang spontan

Kekurangan motor matic berikutnya adalah tarikannya yang kurang spontan. Tarikan awal dari motor matic tidaklah se spontan motor gigi biasa. Motor matic cenderung lebih berat pada tarikan awalnya, sehinnga bagi anda yang senang dengan tarikan awal, matic bukanlah pilihan yamg tepat.

  1. Jarang sekali matic yang berkapasitas mesin diatas 150 cc

Kapasitas mesin dari motor matic biasanya berkisar antafa 100 hingga 150 cc saja. Jarang sekali motor matic yang dilempar ke pasaran dengan kapasitas mesin diatas 150 cc. Hal ini menyebabkan variasi pilihan dari motor matic di pasaran menjadi lebih sedikit, dan bagi anda yang senang dengan motor berkapasitas mesin besar, ada baiknya ada memilih motor gigi saja.

  1. Bisa menurunkan konsentrasi dan menyebabkan ngantuk

Pembawaan motor matic yang hanya gas rem saja dapat menyebabkan ppengendaranya mudah merasa bosan dan juga mudah mengantuk. Ya, hal ini banyak terjadi pada pengendara matic, terutama pada malam hari ataupun berkendada jarak jauh, yang tentu saja bisa menimbulkan bahaya.

Kelebihan motor gigi

  1. Tarikan lebih spontan dibandingkan matic (tarikan awal)

ads
Kelebihan dari motor gigi yang pertama adalah tarikan awalnya yang lebih spontan dan lebih baik dibandingkan motor gigi. Hal ini disebabkan karen pembagian transmisi bisa diatur oleh penhendara, sehingga bisa menghasilkan akselerasi awal yang lebih baim dan juga responsif dibandingkan motor matic.

  1. Lebih mudah untuk menyesuaikan kecepatan dengan menggunakan kombinasi gigi dan putaran gas

Penyesuaian kecepatan kendaraan pun bisa lebih mudah untuk dilakukan, karena pengendara bisa mengendalikan transmisi kendaraanya atau motornya sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.

  1. Bisa melakukan engine brake

Engine break merupakan salah satu teknik pengereman yang dilakukan dengan menggunakan gabungan antara putaran mesin dan juga sistem transmisi. Pada motor matic, hal ini akan sulit untuk dilakukan, mengingat pengendafa tidak dapat menurunkan gigi ketika akan melakukan engine break tersebut.

  1. Pilihan kapasitas mesin bervariasi

Pilihan kapasitas mesin pada motor gigi lebih bervariasi. Mulai dari motor dengan kapasitas mesin 100 cc hingga diatas 500 cc pun bisa anda peroleh. Apabila anda memang senang denhan kapasitas mesin, maka motor gigi adalah salah satu pilihan yang sangat tepat.

Kekurangan motor gigi

  1. Harga jual kembali tidak sementereng motor matic

Karena saat ini motor gigi sudah kalah populer dibandingkan dengan motor matic, maka hal ini juga berpengaruh terhadap nilai jual kembali motor gigi. Ya, motor gigi memiliki nilai jual kembali yang lebih rendah dibandingkan dengan motor matic, karena peminat motor matic sepertinya bertambah banyak.

  1. Kebanyakan motor gigi memiliki ground clearance tinggi, sehingga sulit digunakan oleh pengendara yang bertubuh kecil

Rata – rata motor gigi memiliki ground clearance yang tinggi, sehingga bagi amda yang mungkin memiliki ukuran tubuh yanv kecil, akan sulit mengendarai motor gigi. Motor matic dengan ground clearance yang rendah adalah pilihan yang cocok untuk anda yang berpostur kecil

So, mana yang akan anda pilih ? motor matic atau manual ?

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 16:22 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply