Sponsors Link

10 Manfaat Rem Hidrolik bagi Motor

Advertisement

Rem hidrolik merupakan salah satu terobosan dalam bidang keselamatan berkendara yang dinilai lebih aman dan juga efektif dalam mendukung keselamatan berkendara. Rem hidrolik sendiri merupakan salah satu bentuk rem yang biasa digunakan untuk menghentikan laju dari suatu kendaraan. Manfaat rem sendiri saat ini sudah sangat dirasakan oleh berbagai jenis kendaraan, baik kendaraan bermotor maupun kendaraan tanpa motor. Dengan adanya rem, maka kendali pengemudi terhadap kendaraannya akan menjadi lebih baik dan dapat menghindari terjadinua kecelakaan.

Namun demikian, meskipun rem sudah merupakan salah satu perangkat keselamatan pada suatu kendaraan, ternyata jenis rem yang lebih dahulu digunakan, yaitu rem dengan sistem tarik menggunakan kawat tidak cocok diaplikasikan pada kendaraan, terutama yang memiliki performa tinggi. Karena itu dibuatlah pengembangan dari rem konvensional tersebut menjadi rem dengan sistem hidrolik atau yang sering kita kenal dengan nama rh

Rem Hidrolik

Sesuai dengan namanya, rem hidrolik merupakan suatu konstruksi dari sistem pengereman modern yang menggunakan cairan untuk membantu sistem pengereman. Cairan dari rem hidrolik atau yang kita kenal sebagai brake fluid atau cairan rem akan ditempatkan pada suatu wadah. Ketika kita menekan tuas rem, maka master rem akan mendorong cairan rem tersebut, kemudian cairan rem akan turun ke kaliper rem melalui selang rem.

Kemudian ketika cairan sudah berada pada kaliper, maka cairan tersebut kemudian akan mendorong piston pada kaliper rem, yang akan membuat kampas rem pada kaliper akan terdorong dan bergesekan dengan piringan cakram ataupun brake line pada roda suatu kendaraan. Sistem inilah yang saat ini sudah banyak dan juga umum digunakan pada berbagai jenis kendaraan, terutama kendaraan bermotor.

Keunggulan dan Manfaat dari Rem Hidrolik

Pengaplikasian dari rem hidrolik saat ini bukanlah tanpa alasan. Apabila di bandingkan dengan sistem rem kuno, maka rem hidrolik sudah pasti memiliki banyak sekali keunggulan dan juga manfaat. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan juga manfaat dari rem hidrolik :

  1. Lebih Aman Digunakan

Manfaat pertama, rem hidrolik lebih aman untuk digunakan dan juga diaplikasikan pada berbagai jenis kendaraan. Dengan menggunakan rem hidrolik , maka sistem pengereman pada suatu kendaraan akan menjadi lebih baik, dan hal ini akan berpengaruh kepada tingkat keselamatan dari suatu kendaraan. Karena itu, rem hidrolik saat ini sudah menjadi salah satu sistem pengereman yang wajib ada, terutama pada kendaraan bermotor, karena jauh lebih aman dibandingkan dengan sistem pengereman lainnya.

  1. Membantu Kendaraan Berhenti Lebih Baik

Manfaat kedua dari rem hidrolik adalah dapat membantu kendaraan agar bisa berhenti dan pelakukan perlambatan dengan lebih baik. Terkadang kita sebagai pengendara sering merasa kaget dengan situasi lalu lintas, sepertu adanya pengereman mendadak. Untuk menghindari terjadinya tabrakan dan juga kecelakaan pada saat melakukan pengereman mendadak, maka rem hidrolik merupakan salah satu pilihan terbaik. Pengereman akan menjadi lebih baik, dan dapat menghindari terjadinya kecelakaan pada saat melakukan pengereman mendadak.

  1. Menggantikan Fungsi Rem yang Ditarik dengan Kabel

Manfaat ketiga dari rem hidrolik adalah sebagai fungsi upgrade, atau penggantian kualitas dari sistem pengereman lama yang menggunakan sistem kabel.Dengan demikian, maka fitur keselamatan dari suatu kendaraan pun akan lebih terjamin dan juga menjadi jauh lebih baik.

Sponsors Link

  1. Lebih Hemat Biaya

Manfaat lainnya dari rem hidrolik adalah hemat biaya. Ya, menggunakan rem hidrolik akan lebih menghemat biaya anda, karena penggantian part dari rem tersebut akan lebih jarang dilakukan, berbeda dengan rem yang bukan hidrolik, dimana harus sering diganti kampas rem nya, ataupun harus selalu dilakukan penyetelan ulang. Efeknya adalah, biaya servis akan menjadi lebih ringan dan tidak membebani anda sekalian.

  1. Minim Perawatan

Perawatan dari sistem rem hidrolik juga tergolong sangat mudah dan juga minim perawatan. Anda hanya perlu melakukan pengecekan berkala terhadap jumlah takaran cairan rem anda. Apabila masih cukup dan tudak berkurang banyak,maka tidak perlu dilakukan penggantian. Anda pun tidak perlu repot melakukan perawatan, cukup membersihkan bagian kampas rem dan bagian piringan cakram rem saja, sehingga tidak perlu ribet dalam melakukan perawatan.

  1. Konstruksi yang simple, sehingga mudah diaplikasikan pada berbagai macam jenis kendaraan

Konstruksi dari rem hidrolik tergolong simple dan tidak rumit seperti rem yang ditarik. Rem hidrolik hanya membutuhkan selang yang dapat mengalirkan cairan rem saja, berbeda dengan rem yang ditarik, yang membutuhkan rangkaian yang lebih rumit. Karena itu, rem hidrolik sangat bermanfaat bagi semua jenis kendaraan, karena sangat mudah untuk diaplikasikan, sehingga tidak perlu repot dan juga yang terpenting adalah fitur keselamatan dari suatu kendaraan akan selalu terjaga dengan baik.

  1. Penggunaan Lebih Mudah dan Ringan

ads

Penggunaan dari rem hidrolik juga tergolong jauh lebih mudah dan juga ringan. Hanya dengan sedikit tekanan pada pedal atau handle rem,maka sistem rem hidrolik akab bekerja dengan baik. Hal ini jauh berbeda dengan sistem rem yang ditarik. Pada rem yang ditarik, kita harus menarik tuas rem dengan kuat agar efek dan juga gaya pengereman yang terjadi lebih maksimal.

  1. Penyetelan Tingkat Kekerasan Rem Lebih Mudah

Anda memerlukan perlakua, khusus untuk sistem pengereman anda? Ingin menyetel tingkat kekerasan rem anda sesuai dengan keinginan anda? kalau begitu, rem hidrolik adalah sistem pengereman yang sangat cocok bagi anda. Anda dapat mengatur sistem pengereman anda dengan mudah, cukup dengan cara mengurangi atau menambahkan takaran cairan rem yang anda inginkan. Dengan begitu, anda tidak perlu kerepotan dalam menyetel tingkat kekerasa, dari rem kendaraan anda.

  1. Meminimalisir Kecelakaan pada Kendaraan Akibat Gangguan Pengereman

Penggunaan rem hidrolik juga akab sangat bermanfaat untuk meminimalisir kecelakaan. Ya, potensi gangguan pengereman pada sistem rem hidrolik akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan rem konvensional yang menggunakan sistem tarikan. Karena itu, rem hidrolik jauh lebih aman untuk diaplikasikan, karena dapat mencegah potensi terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh gangguan pada sistem pengereman.

  1. Mampu Diaplikasikan pada Kendaraan dengan Tonase yang Sangat Besar

Kendaraan dengan tonase yang besar juga membutuhkan peran penting dari rem hidrolik. Satu gaya kecil saja yang dilakukan oleh pengemudi, maka akan mampu membuat kendaraan dengan tonasr besar berhenti. Maka dari itu, rem hidrolik sangat baik dan juga bermanfaat untuk diaplikasikan pada jenis kendaraan dengan tonase yang besar dalam membantu sistem pengeremannya.

Itulah beberapa manfaat dari sistem pengereman rem hidrolik. Saat ini sudah hampir semua kendaraan menggunakan rem hidrolik sebagai sistem pengereman standarnya, karena jauh lebih aman. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 19th, September 2015 / 05:53 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.