Sponsors Link

32 Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic dan Bebek

Advertisement

Motor matic dan motor bebek adalah jenis motor yang paling populer di Indonesia, keduanya bahkan menghiasi lebih dari 90% jalanan di Indonesia. Kedua jenis motor ini tentu memiliki kekurangan dan kelebihan yang patut anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan motor matic

  1. Mudah dikendarai, tidak perlu repot memindah mindah gigi dan menekan kopling

Kelebihan pertama dari motor matic adalah lebih mudah untuk dikendarai. Hal ini disebabkan karena motor matic hanya tinggal memutar gas saja, maka motor sudah berjalan. Tidak perlu repot – repot memasukkan gigi terlebih dahulu, ataupun menekan tuas kopling yang tentu saja cukup merepotkan dan juga memakan waktu. Bagi anda yang yang membutuhkan kendaraan yang mudah dikendarai, motor matic adalah salah satu pilihan yang tepat.

  1. Spare part dan juga variasi yang melimpah dan dapat dengan mudah diperoleh

Anda tidak perlu khawatir akan ketersediaan spare part yang dibutuhkan untuk motor matic anda. saat ini, spare part untuk motor matic, lengkap dengan pilihan part variasi untuk menunjang kebutuha motor matic anda sudah sangat mudah diperoleh di pasaran. Anda bisa membeli apapun kebutuhan motor matic anda dengan mudah dan juga dengan berbagai macam kualitas. Anda tidak perlu bingung mendapatkan spare part untuk motor matic anda.

  1. Bentuknya yang kompak dan simple

Saat ini, konsep – konsep dari motor matic sangatlah menarik untuk diamati. Karena berbagai macam motor matic dari berbagai merk saat ini sudah melahirkan berbagai macam jenis motor matic dengan bentuk motor yang kompak dan juga sumple, serta memiliki desain yang juga menarik. Hal ini membuat motor matic dapat menjadi salah satu jenis motor yang memilik desain dan bentuk bodi yang indah dan juga menarik.

  1. Nyaman untuk dikendarai

Kelebihan berikutnya dari motor matic adalah mudah untuk dikendarai. Ya, motor matic adalah jenis motor paling basic dan juga paling mudah untuk dikendarai. Selain itu, motor matic juga menawarkan kenyamanan lebih dalam berkendara, seperi bagian dashboard dan juga pijakan kaki pengendara yang nyaman dan luas, serta berbagai macam fasilitas penunjang dari motor matic yang sangat memberikan kenyamanan bagi setiap pengendaranya. Hal ini merupakan salah satu hal yagn menjadi kelebihan penting dari sebuah motor matic.

  1. Range kapasitas mesin bervariasi mulai dari 110 hingga 150 CC

Apabila anda menyukai besaran kapasitas mesin, maka motor matic bisa menjadi pilihan anda, karena memiliki kapasitas mesin yang bervariasi, mulai dari 110 cc, hingga 150 CC bahkan ada yang memiliki kapasitas mesin hingga 400 CC.

Kekurangan motor matic

  1. Cenderung lebih boros penggunaan bahan bakarnya

Salah astu kekurangan dari penggunaan motor matic adalah masalah bahan bakar. Matic merupakan salah sat jenis kendaraan yang menyedot bahan bakar lebih banyak. Meskipun proses pembakaran sudah lebih efisien, namun apabila dibandingkan dengan motor bebek biasa, matic cenderung lebih boros dan lebih banyak penggunaan bahan bakarnya dibandingkan motor bebek.

Sponsors Link

  1. Service motor yang cukup repot, karena harus membuka dek motor

Ketika akan melakukan service, maka menggunakan motor matic cukup repot, karena harus membuka dan juga membongkar dek motor terebih dahulu. Hal ini agak merepotkan, dan cukup menguras waktu. Namun demikian, proses servis tentu saja tidak repot, dan tidak membutuhkan teknik – teknik khusus.

  1. Performa yang tidak sebaik motor bebek atau motor yang menggunakan gigi

Performa motor matic, terutama dari segi akselarasi, masih kurang baik dibandingkan dengan motor gigi. Meskipun demikian, ternyata tenaga motor matic di putaran atas cukup tangguh dan bertenaga. Namun demikian, start awal pada motor matic, terutama yang masih standar, tidak telalu baik dibandingkan dengan motor bebek.

Kelebihan motor bebek

  1. Akselarasi yang baik

Kelebihan pertama dari moor bebek adalah akselarasinya yang jauh lebih baik ketimbang motor matic. Hal ini disebabkan karena pada start awal, motor bebek lebih responsive dibandingkan motor matic yang harus memutar gas lebih dalam. Bagi anda yang suka dengan tarikan responsive, maka kemungkinan motor bebek ini merupakan salah satu jenis motor yang bisa anda gunakan.

  1. Lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan matic sejenis
Sponsors Link

Kelebihan berikutnya dari motor bebek adalah konsumsi bahan bakarnya yang memang cenderung lebih irit dibandingkan dengan motor matic. Hal ini disebabkan kerena sistem percepatan pada motor bebek, yang menganut sistem kopling otomatis ataupun kopling manual memungkinkan pengendaranya mengatur kecepatan and juga putaran gas sesuai dengan keinginan, sehingga dapat memberikan keunggulan berupa penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan juga cenderung lebih irit. Berbeda dengan motor matic, dimana membutuhkan putaran gas yang lebih banyak dan juga lebih dalam, karena sistem full otomatisnya yang tidak bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dari pengendaranya.

  1. Spare part yang melimpah, dan mudah ditemui

Kelebihan motor bebek berikutnya adalah spare part yang sangat mudah untuk ditemuia. Begitu pula dengan aksesorisnya. Ada banyak sekali toko – toko onderdild an juga toko – toko aksesoris variasi yagn menjual berbagai macam spare part dan juga aksesoris yang mudah diperoleh dan jga sangat banyak tentunya.

  1. Part substitusi mudah untuk ditemukan

Anda mengalami masalah dengan motor bebek anda? anda khawatir bahwa spare part nya sudah jarang dan juga sulit ditemukan? Jangan khawatir. Meskipun beberapa moto bebek spare part orisinilnya sudah langka dan jarang, namun faktanya, beberapa motor bebek memiliki jenis – jenis spare part yang sama, sheingga bisa menjadi salah satu alternatif substitusi. Adan bisa menggunakan part motor bebek lain untuk motor anda yang mungkin saja berbeda merk.

  1. Harga jual atau harga beli yang lebih rendah

Apabila diperhatikan secara seksama, maka kit abisa menyimpulkan bahwa harga beli dari motor bebek lebih rendah dibandingkan motor matic. Anda bisa mendapatkan motor bebek dengan harga yang sangat ekonomis. Jauh dibawah harga pasaran motor matic. Karena itu, bagi anda yang mungkin ingin memiliki motor dengan harga ekonomis, motor bebek adalah salah satu pilihan yang tepat.

  1. Varian yang ditawarkan lebih banyak dibandingkan seri motor matic

Kelebihan lainnya dari motor bebek adalah pilihan variannya yang sangat beragam. Dari satu merk dan juga tipe motor bebek saja, terdapat beberapa jenis varia yang memiliki fitur – fitur yang berbeda. Motor bbek memberikan pilihan yang jauh lebih banyak dan juga variatif kepada konsumennya.

Kekurangan motor bebek

  1. Tenaga tidak terlalu baik pada putaran atas

Dari segi tenaga keseluruhan, mungkin motor bebek tdak terlalu baik, terutama pada putaran atas. Beberapa motor bebek memang kurang baik dan kurang memiliki tenaga pada putaran atas, sehingga terasa bahwa motor bebek ngeden pada saat dibawa di putaran atas.

  1. Kesulitan untuk belajar

Bagi anda yang baru belajar motor, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memilih motor matic. Kebanyakan pengendara baru akan lebih mudah menggunakan motor matic di bandingkan dengan motor bebek.

  1. Kurang santai di jalanan

Anda harus memasukkan gigi ketika berhenti, bagaimana kalau anda  sedang bermacet ria di jalanan. Tingkat kecapean anda di jalan akan berlipat ganda untuk mengoper dan memasukkan gigi ini.

Nah itulah beberapa kekurangan dan kelebihan motor bebek dan motor matic, jadikan review anda jeli sebelum memutuskan untuk membeli motor ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 15:54 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.