Kelebihan dan Kekurangan Motor China

Advertisement

Motor china merupakan salah satu dari beberapa merk motor yagn bersaing di Indonesia. Apabila kita perhatikan, jumlah motor china tergolong sangat sedikit. Namun demikian, bukan berarti motor china ini tidak memiliki kelebihan apapun. Ada beberap ahal yang menjadi kelebihan dari motor china. Berikut ini adalah kelebihan motor china :

Kelebihan Motor China

  1. Harga jauh lebih murah

Salah satu keunggulan dan juga kelebihan dari motor china adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan motor merk Jepang ataupun merk Negara lain yang masuk di Indonesia. Beberapa motor merk China yang notabene merupakan produk Copy Paste ini harganya jauh lebih murah dari harga motor aslinya. Misalnya untuk motor 150 CC keluaran pabrikan Jepang, bisa dihargai 20 hingga 30 juta, maka motor keluaran China dengan spesifikasi yang hampir sama bisa anda peroleh dengan harga hampir setengahnya.

  1. Spare part dan juga aksesoris bisa disubtitusi dengan motor lainnya yang ber merk Jepang

Jangan pernah khawatir untuk masalah ketersediaan spare part dari motor China ini. hal ini disebabkan oleh kondisi dari motor china yang kebanyakan menggunakan prinsip copy paste, sheingga part – part, terutama part mesin dari motor china ini memiliki banyak kesamaan dengan part motor merk Jepang atau merk dari Negara lainnya. Anda pun akan menjadi lebih mudah dalam melakukan penggantian part. Dan apabila anda ingin meningkatkan performa, maka anda bisa merombak total seluruh mesin motor china anda dengan menggunakan mesin motor merk Jepang yang sama persis.

  1. Beberapa motor China memilki fitur yang unik dan tidak ada pada motor merk Jepang

Yang menarik dan merupakan keunggulan dari motor – motor china adalah dari segi fitur yang ada. Beberapa motor china memang memiliki fitur yang cukup unik dan menarik, yang sepertinya tidak bisa kita temukan pada motor – motor keluaran pabrikan Jepang yang beredar di Indonesia. Misalnya saja adalah fitur pengunci throttle grip alias grip gas, dimana ana bisa mengunci grip gas anda, sehingga tidak ada orang iseng di parkiran yang bisa memutar – mutar grip gas anda. atau beberapa motor china juga memiliki tambahan fitur keamanan, seperti sen yang berbunyi ketika menyala, seperti layaknya sen mobil. Beberapa motor China juga memiliki line up motor listrik yang sebenarnya bisa menjadi jawaban akan masalah polusi di perkotaan.

Kekurangan Motor China

  1. Built quality yang tidak terlalu baik

Sayangnya memang, motor – motor china cenderung memilik built quality yang kurang baik, bahkan cenderung buruk. Beberapa motor china bahkan dari pertama kali kita lihat ke dealer pun sudah terlihat aneh, meskipun bentuknya mirip seperti motor keluaran Jepang atau Negara lainnya. Hal ini ditambah dengan kualitas part nya yang tidak baik, misalnya saja mika lampu yang mudah menguning, lampu yang sering mati, body yang cepat pecah dan terlepas, serta berbagai macam built quality lainnya yang menjadi kekurangan dari sebuah motor china.

  1. Desain yang kurang menarik

Salah satu ciri khas dari motor china adalah dari segi desainnya yang terkadang nyeleneh dan sangat tidak menarik. Banyak sekali motor china yang memiliki desain body yang terlalu gendut dan terlalu besar, atau desain penambahan lampu dan juga aksesoris yang malah menambah tampilan motor tersebut menjadi semakin buruk. Selain itu, beberapa motor china juga berani meniru desain dari motor – motor lain, terutama merk Jepang yang sudah terkenal.

Sponsors Link

  1. Kualitas spare part bawaan yang buruk

Apabila anda adalah seorang penggemar motor, maka anda pasti sudah memahami kualitas spare part dari motor china ini. spare part terutama bagian mesin dan juga bagian lainnya memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini bisa terlkihat dari adanya penrunan kualitas dan juga penurunan performa dari motor china dalam jangka waktu beberapa tahun. Hal ini menyebabkan nantinya motor china akan mengalami banyak masalah teknis yang cukup mengganggu

  1. Performa yang tidak terlalu baik

Dari segi performa, motor china pun tidak bisa dibilang jempolan. Meskipun memilki kapasitas mesin yang besar sekalipun, misalnya 150 CC, maka performa yang dihasilkan akan jauh berbeda degnan motor ber kapasitas mesin 150 CC lainnya. Hal ini adalah salah satu hal yang membuat banyak motor china menjadi kurang laris di pasaran.

  1. Jaringan servis resmi atau bengkel resmi yang sulit sekali ditemui

Jaringan servis resmi dari motor china pun sangat jarang ditemui. Anda pun akan menjadi sulit untuk melakukan klaim garansi ataupun sekedar melakukan perawatan rutin dari bengkel resmi. Satu – satunya opsi yang bisa anda lakukan adalah melakukan perawatan pada bengkel – bengkel pinggir jalan dan juga bengkel langganan anda.

  1. Sering muncul masalah pada sector mesin dan juga transmisi

Masalah mesin dan juga masalah transmisi juga merupakan salah satu penyakit yang diidap oleh motor china. Banyak motor china yang memiliki spare part yang kualitasnya buruk, sehingga hal tersebut berdampak pada munculnya kerusakan dan juga masalah pada bagian mesin dan juga transmisi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 10:54 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.