Sponsors Link

6 Fungsi Kaca Spion pada Kendaraan Bermotor

Advertisement

Kaca spion merupakan salah satu perangkat penting yang ada di dalam sebuah kendaraan bermotor. Meskipun kecil dan juga kerap kali disepelekan oleh banyak kalangan pengendara kendaraan bermotor, namun ternyata si kecil ini punya banyak sekali fungsinya dalam berkendara.

Kaca spion pada dasarnya sudah ditemukan sejak pertama kali kendaraan bermotor ditemukan. Hingga saat ini, kaca spion merupakan hal wajib yang dimiliki oleh sebuah kendaraan bermotor. Bagi kendaraan beroda dua, kaca spion berjumlah dua buah yaitu di kiri dan juga kanan, sedangkan roda 4 atau lebih bervariasi, ada yang memiliki 2 buah kaca spion, hingga lebih dari 4 kaca spion.

Fungsi dari Kaca Spion

Kaca spion sendiri pastilah memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari kaca spion pada kendaraan bermotor :

  1. Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat Akan Pindah Jalur

Saat akan melakukan pindah jalur, maka anda sebagai seorang pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur.

  1. Membantu Maneuver Saat Parkir

ads

Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketka parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsnya untuk maneuver pada saat memarkir kendaraan.

  1. Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan kita juga sangatlah penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya.

  1. Membantu Saat Memundurkan Kendaraan

Jangan pernah memundurkan kendaraan tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion. Dengan adanya kaca spion, maka anda dapat terbantu untuk melakukan maneuver mundur, terutama pada mobil atau kendaraan roda 4 dan lebih.

  1. Sebagai Pedoman Posisi Kendaraan

Terkadang pada kendaraan roda 4, kita sering sulit memastikan apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, maka anda bisa melihat bagian sisi kendaraan anda dengan memanfaatkan kaca spion. Anda bisa melihat apakah kendaraan anda terlalu mepet atau tidak.

  1. Sebagai Aksesoris yang Menambah Penampilan Kendaraan

Saat ini fungsi dari kaca spion lebih dari sekedar alat bantu untuk melihat kondisi lalu lintas dan semacamnya. Kaca spion juga saat ini seringkali dimanfaatkan sebagai aksesori pemansi tampilan kendaraan anda. Banyak beredar model kaca spion yang sangat menarik dan juga tentunya dapat mendongkrak penampilan kendaraan anda.

Itulah beberapa fungsi dari kaca spion pada kendaraan bermotor. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda semua.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 19th, September 2015 / 04:31 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.