Sponsors Link

10 Sepeda Motor Paling Irit BBM di Indonesia

Sponsors Link

Sepeda Motor paling irit BBM di Indonesia menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam menentukan motor mana yang akan kita beli. Sepeda motor merupakan moda transportasi yang sangat populer di masyarakat pada saat ini. Ada banyak faktor yang membuat sepeda motor menjadi andalan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Selain bentuknya yang ramping, dan ergonomis, sehingga membuat pengendaranya lebih mudah dalam melakukan manuver, sepeda motor juga dianggap sebagai alat transportasi yang sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrikan merk sepeda motor yang berlomba – lomba dalam memproduksi sepeda motor dengan konsumsi bahan bakar yang paling irit.

ads

Semua Sepeda Motor Irit BBM ?

Sebenarnya dalam menentukan suatu sepeda motor irit dalam penggunaan bahan bakar atau tidak, bukanlah hal yang sepele dan mudah. Biasanya patokan irit atau tidaknya suatu kendaraan bermotor berpatokan pada hasil klaim pabrikan dan hasil test ride dari berbagai pihak. Hasil klaim pabrik dan test ride ini pun tidak berlaku mutlak. Artinya, apabila konsumsi bahan bakar minyak pada motor X dengan motor X lainnya, belum tentu sama. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Namun demikian berdasarkan klaim dari pabrikan dan hasil test ride yang dikumpulkan oleh banyak pihak, maka pada artikel ini, saya akan memberikan berapa motor yang diklaim paling irit. Perlu diingat, hasil ini tidak mutlak, dan mengikat. Hasil ini diperoleh dari informasi – informasi klaim pabrik, dan hasil test ride dari berapa sahabat. Dan perlu diketahui, daftar di bawah ini tidak disusun secara berurutan, sengaja saya buat daftar secara acak, agar nantinya tidak timbul pemikiran bahwa motor dengan urutan pertama pasti motor yang paling irit.

10. Yamaha V-Ixion ± 44.3Km/ Liter

Motor Paling irit 10 : Yamaha VixionMotor sport lain yang ternyata masuk ke dalam kategori irit di kelasnya datang dari merk Yamaha. Sama seperti teknologi injeksi pada motor Yamaha lainnya, ternyata konsumsi bahan bakar dari Yamaha V-Ixion ini tergolong irit.

Dengan menggendong mesin DOHC 150 CC, anda dapat menempuh jarak kurang lebih 44.3 kilometer dengan 1 liter bahan bakar saja. Ternyata walaupun memiliki kapasitas mesin dan tenaga yang besar, konsumsi bahan bakar dapat ditekan secara  drastic melalu teknologi YMJET – Fi milik Yamaha ini.

Dengan konsumsi bahan bakar seperti itu, sepertinya Yamaha V-Ixion merupakan salah satu motor sport yang worth to buy, maka wajar saja motor ini ramai kita lihat berkeliaran di jalan – jalan perkotaan.

Boleh saya bilang Vixion termasuk motor sport paling irit BBM kedua di Indonesia setelah new mega pro. Tidak heran ia menjadi motor yang paling laris di Indonesia.

9. Honda New Megapro Fi ± 46.2Km/ Liter

Motor Paling Irit BBM 9 : New Megapro FiAda anggapan bahwa motor sport itu boros. Siapa bilang? Ternyata Ada beberapa motor sport yang masuk ke dalam kategori irit di kelasnya. Adalah Honda New Megapro Fi.

Walaupun Honda New Megapro Fi ini sepertinya cukup populer dibandingkan motor sport lain, namun ternyata memiliki konsumsi BBM yang irit. Yaitu sekitar 46.2 KM / 1 Liter bensin.

Dari segi performa banyak yang menyayangkan performa yang dimiliki New Megapro ini, namun demikian, dengan body yang besar dan gagah, ternyata motor ini memiliki kelebihan dalam konsumsi bahan bakarnya.

ads

8. Yamaha Mio J ± 50.9 Km/ Liter

Motor Irit BBM 8 : yamaha mio jSelanjutnya dari kelas motor matic, Yamaha Mio J diusung Yamaha Motor Indonesia untuk bersaing langsung dengan Honda Beat Fi. Dengan spesifikasi yang hampir sama dengan Honda Beat Fi, Yamaha Mio J mengusung teknologi injeksi dari Yamaha, yaitu YMJET – Fi.

Ternayata dari hasil klaim dan hasil test dari berbagai pihak, Yamaha Mio J yang memiliki kapasitas mesin 110 CC dan memiliki dimensi bodi yang kecil dan tidak terlalu besar, Yamaha Mio J hanya mampu menempuh 50.9 KM per liter bahan bakarnya. Hasil ini ternyata masih kalah dibandingkan pesaingnya, yaitu Honda Beat Fi dan Suzuki Nex.

Yamaha merupakan salah satu jenis motor yang paling laris di Indonesia, yang salah satu varian paling larisnya yaitu Yamaha Mio J. Terang saja laris, karena ia merupakan salah satu motor paling irit BBM di Indonesia dengan konsumsi lebih dari 50 Km hanya dengan 1 Liter BBM.

7. Honda Beat Fi  ± 57 Km/ Liter

Motor Paling Irit 7 : Honda Beat FiMasih dari pabrik yang sama, Honda Beat Fi merupakan hasil penyempurnaan dari generasi beat sebelumnya yang menggunakan karburator.

Sama seperti Honda Supra X 125 PGM – Fi, Honda Beat anyar ini juga menggunakan teknologi tersebutBerdasarkan hasil pengumpulan data dari berbagai sumber, Hoonda Beat mampu menempuh jarak sejauh 57 Km per 1 Liter bahan bakar. .

Dengan kapasitas mesin yang tergolong kecil, yaitu 110 CC saja, membuat penggunaan bahan bakar pada Honda Beat sangatlah irit, dan juga menepis anggapan bahwa menggunakan motor matic adalah boros, walaupun statement ini masih bersifat relative dan masih bisa berubah.

Bagaimana dengan anda ? apakah tertari memiliki motor matic dari honda ini ? ini recommended untuk anda.

6. Yamaha Mio Gt 125 ± 57.14 Km/ Liter

Motor Paling Irit BBM 6 : mio gt 125Pesaing dari Honda Vario 125 Fi ini kembali berasal dari merk rivalnya, yaitu Yamaha Mio GT 125. Merupakan pengembangan dari Yamaha Mio dengan kapasitas silinder yang lebih besar, Yamaha Mio GT 125 memiliki tenaga dan performa yang katanya lebih baik daripada Honda Vario 125.

Hal ini mungkin saja, karena dari segi bobot, Honda Vario 125 memiliki bobot yang jauh lebih berat dibandingkan Yamaha Mio GT 125.

Namun demikian, hal itu tidak menjadi masalah, karena ternyata setelah dilakukan pencarian, dapat disimpulkan bahwa Yamaha Mio GT masih kalah irit dengan Honda Vario 125, yaitu hanya memiliki angka konsumsi bahan bakar sebesar 57.14 Km per 1 liter bahan bakar.

Jika kita cek harga motor yamaha Mio GT 125 adalah Rp.15,900,000,-. Harga yang cukup terjangkau untuk kualitas motor dan tingkat keiritan yang dapat diandalkan.

5. Honda Vario 125 Fi ± 58.1 Km/ Liter

Vario 125 FiBarangkali, Honda Vario 125 Fi merupakan salah satu motor matic dengan kapasitas mesin besar yang memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit. Motor bongsor dengan kapasitas silinder sebesar 125 CC ini ternyata sanggup menempuh jarak sejauh 58.1 Km per 1 liter bahan bakar.

Hal ini tidaklah mengejutkan, karena selain menggunakan teknologi injeksi PGM Fi milik Honda, Vario 125 juga memiliki satu lagi teknologi anyar yang disematkan. Teknologi itu adalah Idling Stop System atau ISS. Idling Stop System akan membuat mesin motor ini mati ketika mengalami kondisi idle dan tidak bergerak selama 3 detik. Anda dapat dengan mudah menyalakan mesin kembali, hanya dengan memutar gas.

Selain itu, Honda Vario Techno 125 ini juga memiliki teknologi yang sama seperti yang dimiliki oleh Honda PCX, yaitu ACG Starter. Teknologi ini membuat Honda Vario Techno 125 tidak menimbulkan bunyi berisik pada saat di starter. Dapat dipastikan, penambahan teknologi Idling Stop System ini membantu menambah irit konsumsi bahan bakar dari Honda Vario 125 ini.

4. Honda Supra X 125 PGM – Fi  ± 62 Km/ Liter

honda supra x 125 fi blueHonda Supra X 125 PGM – Fi, merupakan produk keluaran Honda yang mengusung teknologi anyar Honda dalam hal sistem pembakaran injeksi. Teknologi yang dikenal dengan istilah PGM Fi atau Programmable Fuel Injection ini memang sudah menjadi primadona dari pabrikan Honda sejak pertama kali diluncurkan sampai saat ini.

Dari hasil klaim pabrikan dan test beberapa pihak dan berbagai sumber, dapat disimpulkan secara relative motor yang mengusung mesin dengan kapasitas 125 CC ini mampu bergerak sejauh 62 KM hanya dengan penggunaan 1 Liter bahan bakar.

Ternyata walaupun memiliki CC yang lumayan besar, namun berkat adanya teknologi PGM – Fi ternyata mampu mebuat motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit.

3. Honda Absolute Revo Fi ± 62.2 Km/ Liter

Motor Paling Irit 3 : Absolute Revo FiUntuk kelas motor bebek, sepertinya masih didominasi oleh merk Honda. Dapat dilihat, salah satu motor bebek dengan kapasitas mesin 110 CC andalan Honda pada kelas menengah ke bawah, yaitu Honda Absolute Revo Fi memiliki rasio konsumsi bahan bakar sebesar 62,2 KM / Liter. Hal ini disebabkan karena selain kapasitas mesin yang kecil,

Honda Absolute Revo Fi juga menggunakan teknologi injeksi yang sama seperti yang digunakan pada Honda Supra X 125 Fi, yaitu PGM – FI. Dengan harga yang relative murah, dan klaim konsumsi bahan bakar seperti itu, maka wajar saja banyak sekali pihak – pihak perusahaan yang menggunakan Honda Absolute Revo Fi sebagai kendaraan operasional bagi karyawan – karyawan mereka.

2. Yamaha Jupiter Z1 ± 69.88 Km/ Liter

Motor Irit BBM 2 : Yamaha Jupiter Z1Satu motor bebek yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Kali ini Yamaha Motor Indonesia menyumbang bebek 115 CC nya, yaitu Yamaha Jupiter Z1. Dengan menggunakan teknologi YMJET – Fi milik Yamaha, Jupiter Z1 diklaim mampu menempuh jarak sejauh 69.88 Km per satu liter bahan bakar.

Hal ini dipengaruhi oleh teknologi injeks YMJet FI yang dimilikinya, sehingga membuat konsumsi bahan bakar dari motor ini pun menjadi lebih irit dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan sistem karburator.

Apakah anda tertarik dengan motor paling irit dari Yamaha ini? jenis motor bebek yamaha ini ternyata memiliki harga yang relatif lebih murah. Cocok untuk anda miliki.

Sponsors Link

1. Suzuki Nex ± 79.6 Km/ Liter

Motor Paling irit 1 : suzuki nexSeperti motor paling irit patut disematkan ke Suziki Nex. Ya, Motor matik imut keluaran Suzuki tersebut berhasil mencatatkan konsumsi bahan bakar yang jauh meninggalkan lawan – lawannya. Suzuki Nex mampu menempuh jarak sejauh 79.6 Km per 1 liter bahan bakar. Fantastis. Walaupun Suzuki memiliki produksi motor yang tidak sebanyak Honda ataupun Yamaha, namun ternyata hal ini tidak mengurangi kredibilitas Suzuki sebagai salah satu produsen motor yang besar. Skuter matic dengan kapasitas mesin 115 CC dan mengadaptasi teknologi Fuel Injection ini ternyata mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar seirit itu. Suzuki Nex yang didaulat untuk menjadi pesain Honda Beat Fi, ternyata mampu meninggalkan pesaingnya dalam hal efisiensi dan keiritan bahan bakar. Meski begitu, masih perlu diingat bahwa hal ini bukanlah sifat mutlak. Hal ini masih dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.

Ternyata walaupun memiliki spesifikasi yang hampir sama, dan sama – sama menggunakan teknologi injeksi, terdapat perbedaan konsumsi bahan bakar yang dimiliki kedua merk tersebut.

Disclaimer

Itulah beberapa daftar dari motor yang paling irit yang ada di Indonesia. Perlu anda ketahui, semua hasil konsumsi bahan bakar pada daftar motor di atas tidak bersifat mutlak. Hal ini disebabkan karena banyak sekali variabel lain yang mempengaruhi. Jumlah konsumsi bahan bakar minyak yang diperoleh terkadang melalui metode pengetesan yang berbeda – beda pad tiap pabrikan atau pihak penyelenggara. Ada yang menerapkan sistem control yang sangat ketat, seperti membatasi kecepatan, dan beban pengendara.

Namun demikian walaupun memiliki hasil yang relative dan tidak mutlak, paling tidak hasil dari daftar – dafta di atas dapat menjadi acuan bagi anda semua dalam memilih motor yang memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Dan juga dapat menepis beberapa anggapan serta statement yang berlaku di masyarakat, seperti motor sport sangat boros, atau motor matic boros, dan sebagainya. Bijaklah dalam memilih motor dan gunakan motor anda seefisien mungkin agar pencapaian konsumsi bahan bakar yang optimal bisa anda peroleh tanpa harus menggunakan alat – alat penghemat bahan bakar yang memiliki kemingkunan merusak sistem pada motor anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 15th, February 2015 / 14:32 Oleh :
Kategori : Review Motor
1 Comments on “10 Sepeda Motor Paling Irit BBM di Indonesia

Leave a Reply