10 Sepeda Motor Matic Terbaik Di Indonesia

Advertisement

Memilih sepeda motor baru, terutama motor matic, tentu menjadi dilema terendiri bagi setiap orang, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan seperti irit, spec, dan garansi. Biasanya ada beberapa faktor yang menentukan orang dalam membeli sepeda motor matic.

  1. Tingkat konsumsi BBM
  2. Irit dan Handal
  3. Sparepart
  4. Jaringan servis
  5. Spesifikasi & Teknologi

Dari banyaknya motor matic yang diproduksi, motor matic apa saja sih yang dapat dipertimbangkan untuk dimiliki? Berikut ini ada beberapa daftar motor matic terbaik di Indonesia yang dapat anda pertimbangkan.

1. Yamaha Mio J

Motor terbaik 1 : yamaha mio jMerupakan penerus dan suksesor dari pendahulnya yang sangat populer, yaitu Yamaha Mio. Yamaha Mio J kini hadir dengan desain yang kompak dan simple, namun menarik.

 

Teknologi Mio J

Tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Yamaha Motor Indonesia menyematkan teknologi injeksi mereka, yaitu YMJET – FI yang membuat konsumsi bahan bakar Mio J menjadi jauh lebih irit dari Mio Karburator yang konon boros bahan bakar.

Spesifikasi & Konsumsi BBM Mio J 

Yamaha Mio J yang memiliki kapasitas mesin 110 CC dan memiliki dimensi bodi yang kecil dan tidak terlalu besar, Yamaha Mio J hanya mampu menempuh 50.9 KM per liter bahan bakarnya.

Harga Mio J

Motor ini dibanderol seharga 12 – 13 jutaan, dan didaulat untuk menjadi pesaing dari Honda Beat dan Suzuki Nex.

2. Yamaha GT 125

Motor Terbaik 2 : mio gt 125Motor Matic lainnya terbitan Yamaha Motor Indonesia, Yamaha GT 125. Yamaha GT 125 adalah penerus Yamaha Xeon 125 dan Xeon RC 125.

Spesifikasi Yamaha GT 125

Menggunakan tipe mesin yang sama, dengan kapasitas silinder sebesar 125 CC, Yamaha GT 125 yang dibanderol seharga 15 jutaan ini memiliki desain lekuk bodi yang tegas dan sangat menarik untuk dilihat. Dan menurut saya desain bodi dari Yamah GT 125 ini lebih menarik dibandingkan motor lain di kelas 125 CC, seperti Suzuki Skydrive atau Honda Vario Techno 125.

Keunggulan Yamaha GT 125

Salah satu keunggulan dari motor ini adalah pada sector performa yang bertenaga yang mampu menghasilkan output 11.4 horse power pada 9000 Rpm.

3. Honda Vario 125 ISS

Motor mati terbaik 3 : Honda Vario 125 ISSPasar motor matic juga diramaikan oleh motor matic keluaran Honda. Adalah Honda Vario Techno 125 ISS yang menjadi competitor dari Yamaha GT 125 dan Suzuki Skywave.

Spesifikasi Honda Vario 125 ISS

Dengan mengusung mesin berkapasitas 125 CC, motor ini menawarkan fitur – fitur menarik yang tidak ada pada motor matic di kelasnya.

Teknologi Honda Vario 125 ISS

Teknologi Idling Stop System atau ISS serta teknologi ESP yang disematkan pada motor matic ini membuat Honda Vario 125 ISS memiliki suara mesin yang sangat halus.

Konsumsi BBM Honda Vario 125 ISS

dan memiliki nilai konsumsi bahan bakar yang menakjubkan untuk ukuran matic 125 cc. yaitu 58.1 KM / 1 Liter bahan bakar.

Harga Honda Vario 125 ISS

Selain itu ukuran motor yang memiliki badan bongsor ini dapat menjadi pilihan anda apabila anda tidak menyukai desain motor yang ramping dan kecil. Anda dapat memiliki motor dengan teknologi tinggi ini dengan harga sekitar 17 jutaan. Harga ini terbilang wajar, karena dengan biaya sebesar itu, anda sudah bisa memiliki motor matic dengan teknologi yang berkelas.

4. New Honda Beat Fi

Motor Matic Terbaik 4 : Honda Beat FiDaftar selanjutnya adalah sepupu dari Honda Vario 125 ISS, yaitu Honda Beat Fi. Masuk ke pasaran untuk menggantikan eksistensi Honda Beat yang masih menggunakan karburator.

Harga Honda Beat FI

Harga motor Honda Beat FI dibanderol dengan harga 13 jutaan dan menargetkan pasar motor matic kelas menengah ke bawah.

Spesifikasi Mesin Beat FI

Dengan mengusung mesin 115 CC dan teknologi PGM Fi yang disematkan oleh Honda, Beat Fi ini mampu menempuh 57 Kilometer dalam pengisian 1 liter baharn bakar.

Teknologi Beat Fi

Sponsors Link

Teknologi lain yang dapat menjadi pilihan adalah teknologi CBS atau Combi Brake System, dimana sistem rem depan dan belakang akan bekerja secara bersamaan ketika anda menarik tuas rem.

5. Honda PCX

Motor matic terbaik 5: Honda PCXSalah satu motor matic kelas menengah atas keluaran Honda, yaitu Honda PCX. Merupakan salah satu motor matic terbaik yang ada saat ini. Dengan desain bodi yang sangat gagah, namun sangat nyaman, membuat motor ini menjadi salah satu motor matic terbaik di Indonesia.

Teknologi Honda PCX

Dengan berbagai fitur – fitur anyar Honda, seperti ESP, ACG Starter, Combi brake system, alarm anti maling, dan banyak fitur lainnya, membuat motor yang dibanderol dengan harga 38 jutaan ini layak untuk dicoba.

Spesifikasi Mesin Honda PCX

Dengan mengangkut mesin berkapasitas besar untuk kelas motor matic, yaitu 150 CC, Honda PCX mampu menyemburkan tenaga sebesar 13.1 Hp pada 8500 RPM, dan torsi sebesar 13.1 Nm pada 5500 RPM

6. Suzuki Nex

Motor Matic Terbaik 6 : suzuki nexPabrikan Suzuki pn tidak mau kalah dalam persaingan motor matic kelas 110 CC. Suzuki Nex merupakan produk unggulan Suzuki pada kelas ini. Diusung untuk melawan Honda Beat FI dan Yamaha Mio J, Suzuki nex memiliki keunggulan yang sangat jauh pada sistem konsumsi bahan bakarnya.

Konsumsi BBM Suzuki Nex

Beberapa hasil tes menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar pada Suzuki Nex menyentuh angka 79.6 Kilometer untuk 1 liter bahan bakar yang digunakan.

Selain itu desain bodi yang sangat mungil dan kecil ini membuat Suzuki Nex cocok dikendarai oleh anda yang memeliki postur tubuh kecil, dan juga sangat cocok untuk anda yang senang melakukan maneuver – maneuver di jalanan.

Harga Suzuki Nex

Ingin memboyong motor ini ke dalam garasi rumah anda? cukup siapkan uang sebesar 12 – 13 jutaan rupiah.

7. Vespa LX 150

Motor matic terbaik 7 : Vespa LX 150Seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, pasar motor matic di Indonesia semakin diramaikan dengan berbagai macam motor dari berbagai merk.

Spesifikasi Mesin Vespa LX 150

Salah satu merk yang mencoba masuk ke dalam pasar motor matic adalah Vespa. Ya, produsen asal Italia itu sukses meramaikan pasar motor matic di Indonesia dengan menghadirkan varian vespa dengan kapasitas mesin 150 CC 3 Valve. Salah satu jenisnya adalah Vespa LX 150.

Dengan desain body antic, dinamis dan modern, Vespa LX 150 menjadi salah satu motor terbaik yang ada di Indonesia. Desain lampu bulat dan spion bulat mengingatkan kita pada era – era vespa LX jaman dahulu ketika masih mengusung mesin 2 tak. Manis sekali. Motor ini ditargetkan untuk kalangan menengah atas, terbkti dari harga yang lumayan mahal, yaitu 28 jutaan.

8. Piaggio Liberty 100

Motor matic terbaik 8 : Piaggio Liberty 100Apabila anda ingin memiliki motor khas italia, namun memiliki dana yang cukup untuk meminang vespa 150 series, anda dapat melirik Piaggio Liberty 100.

Spesifikasi Mesin Piaggio Lberty 100

Didatangkan ke Indonesia bersamaan dengan Vespa, Piaggio Liberty yang mengusung mesin dengan kapasitas 100 CC ini dibanderol dengan harga 19 jutaan.

Anda dapat merasakan sensasi berkendara motor dengan desain yang italia ‘banget’ melalui PIaggio Liberty ini. Selain itu walaupun memiliki spesifikasi yang biasa saja, seperti 100 CC 1 silinder dengan 2 katup, namun Piaggio Liberty ini termasuk ramah lingkungan, karena sudah lolos uji emisi standar Euro 3.

Sponsors Link

9. Yamaha Mio Fino

Motor matic terbaik 9 : Yamaha Mio FinoPasar motor matic di Indonesia juga menghadirkan model skuter matic, seperti PIaggio dan Vespa. Namun tak hanya pabrikan Italia, Yamaha pun merilis juga skuter matic mereka, yaitu Mio Fino. Yamaha Mio Fino memiliki konsep skuter matic Italia. Dan menurut saya, Yamaha Mio Fino memiliki bentuk yang jauh lebih menarik daripada pesaing – pesaingnya dari merk Suzuki dan Honda.

Harga Mio Fino

Mio Fino dibanderol dengan harga 13 jutaan, dan akan membawa anda menikmati konsep retro dan klasik saat berkendara.

Spesifikasi Mesin Mio Fino

Dengan kapasitas mesin sebesar 125 CC, Mio Fino mampu mengeluarkan tenaga sebesar 7.75 HP pada 8500 RPM, dan torsi maksimum 8.5 Nm pada 5000 RPM.

10. Yamaha X-Ride

Motor matic terbaik 10 : yamaha x-ride

Selain meramaikan pasar motor matik yang sudah ada di Indonesia, Yamaha Motor Indonesia meluncurkan salah satu tipe motor matic yang out of the box. Dengan menggunakan konsep yang baru dan berbeda, Yamaha meluncurkan motor matic dengan basic offroad, yaitu Yamaha X – Ride. Yamaha X – Ride ternyata mendapat sambutan yang positif dari berbagai kalangan, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pesanan terhadap unit motor X – Ride ini.

Yamaha X – Ride menawarkan sensasi mengendarai motor matic yang tidak biasa. Dengan wheelbase yang lebih tinggi dan roda serta suspense yang mengarah ke offroad, Yamaha X – Ride dapat menjadi alternative bagi anda yang ingin memiliki dan mengendarai motor matic yang sporty, namun tetap elegan.

Spesifikasi Yamaha x-ride

Yamaha X – Ride mengusung mesin 115 CC SOHC 4 tak, yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 7.75 HP, jauh lebih besar dibandingkan motor kelas 115 CC lainnya. Selain itu, Yamaha juga menyematkan teknologi YMJET – Fi dan desain Speedometer digital yang keren dan menambah daya tarik dari motor ini.

Harga Yamaha x-ride

Anda dapat membawa motor ini berjalan – jalan dengan merogoh kocek sebesar 15 jutaan. Cukup mahal untuk motor kelas 115 CC, namun sepadan dengan tampilan dan performanya yang mantap.

Nah, itulah daftar sepeda motor matic terbaik di Indonesia yang dapat anda pertimbangkan untuk di miliki. Daftar ini tidak bersifat mutlak, artinya pandangan setiap orang akan berbeda – beda dalam menilai performa, desain dan popularitas motor matic. Daftar ini hanyalah sebuah referensi yang bisa dijadikan alternative bagi anda dalam memilih motor matic.

Tren Motor Matic di Indonesia

Selain banyaknya pasaran motor bebek dan motor sport di Indonesia, ternyata motor matic juga memiliki pasaran yang fantastis. Hal ini dapat dibuktikan melalu banyaknya tipe motor matic yang berseliweran di jalanan kota. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh tren motor dengan transmisi matic yang berasal dari Thailand. Thailand juga memiliki motor matic yang jenisnya hampir sama dengan di Indonesia. Kiblat tren motor matic ini pun akhirnya menular ke Indonesia, dimana hampir semua warganya memiliki motor.

Kelebihan Motor Matic

Selain itu motor dengan transmisi otomatis atau motor matic ini juga memberikan keunggulan yang lebih, yang tidak dimiliki oleh motor berjenis manual. Salah satunya adalah kemudahan dalam berkendara. Ya, pengguna motor matic tidak perlu repot memperhitungkan perpindahan gigi dan menekan tuas kopling. Cukup memutar grip gas, maka si motor akan segera melaju. Hal ini akan sangat berguna ketika sedang berada di kemacetan, anda tidak perlu pegal pegal menahan kopling.

Selain itu, dimensi dan bobot serta kenyamanan dari motor matic patut diacungi jempol. Sangat cocok untuk berpergian sehari – hari, dan juga sangat ramah terhadap rider wanita, dengan rata – rata wheelbase yang renda, membuat motor jenis matic ini banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Penting Untuk Diingat

Itulah beberapa daftar motor matic terbaik yang ada di Indonesia. Daftar ini dibuat berdasarkan banyak faktor, mulai dari harga, spesifikasi kendaraan, tingkat popularitas, dan desain dari motor matic. Apabila terdapat beberapa motor matic yang populer, namun tidak masuk ke dalam daftar tersebut, bukan berarti motor tersebut jelek, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan motor tersebut tidak masuk ke dalam daftar.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 15th, February 2015 / 15:42 Oleh :
Kategori : Review Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.