Sponsors Link

10 Motor dengan Mesin Paling Awet Hingga Kini

Advertisement

Salah satu perhitungan kita dalam meminang sebuah sepeda motor adalah kualitas ketahanan dari mesinnya. Pengendara membutuhkan motor dalam jangka waktu yang lumayan lama, dan mobile. Sehigga ketika motor memiliki mesin dengan ketahanan yang tidak awet, akan sangat mengganggu dalam perawatannya dan tentunya akan mengeluarkan cost yang terlalu sering juga.

Beberapa motor ini memiliki keawetan mesin yang patut diacungi jempol, karena selain tahan lama, kualitas mesin dari beberapa sepeda motor ini memiliki kualitas material yang baik, sehingga sangat awet dan tahan lama. Berikut ini motor yang memiliki mesin yang awet:

Merk Honda:

Honda sudah memiliki brand image yang sangat tinggi untuk ketahanan mesinnya. Merupakan mesin dengan material yang berkualitas baik, Honda dulu sempat menjadi primadona dalam hal keawetan mesin dan parts – parts yang menyusunnya.

Namun agak sedikit disayangkan, karena motor – motor Honda terbaru memiliki kualitas ketahanan mesin yang kualitasnya agak menurun, namun beberapa motor di bawah ini memiliki kualitas keawetan mesin yang bisa bilang sempurna.

1. Honda C 70

C 70C 70 merupakan motor bebek Honda yang masih eksis hingga saat ini sebagai motor bergaya retro pertama. Motor ini, selain sangat irit juga memiliki ketahanan mesin yang sangat mengagumkan. Material kualitas terbaik yang masih asli buatan Jepang membuat mesin dari motor ini sangat awet dan tahan lama untuk dikendarai meski sudah berpuluh-puluh tahun lamanya.

Hingga saat ini, masih ada beberapa pengendara yang mengendarai sepeda motor jadul ini, dan ada yang sampai membentuk komunitas untuk para pengendara yang menyukai motor-motor keluaran dulu yang bergaya retro klasik.

2. Honda Astrea Series

Melanjutkan kisah sukses C70, Honda mengeluarkan astrea series yang masih bertahan produksinya hingga lebih dai 1 dekade. Motor astrea series ini terdiri dari beberapa seri, yaitu:

  • Honda Astrea 800
  • Honda Astrea 700
  • Honda Astrea Star
  • Honda Astrea Prima
  • Honda Astrea Legenda

Ada beberapa kasus, dimana motor ini mampu bertahan selama kurang lebih 10 tahun tanpa melakukan turun mesin dan penggantian part mesin. Luar biasa bukan? Inilah yang membuat Honda benar – benar memikat dengan image kualitas mesin yang awet pada jamannya, bahkan hingga kini, masih banyak dijumpai Honda astrea Series yang mesinnya masih sangat mulus.

3. Honda Supra

Honda SupraHonda supra merupakan penerus generasi astrea series yang hingga kini masih terus diproduksi. Berikut ini beberapa seri dari Honda Supra:

  • Honda Astrea Supra
  • Honda Supra X
  • Honda Supra V
  • Honda Supra XX
  • Honda Supra Fit
  • Honda Fit X
  • Honda Supra X 125

Mungkin memiliki keawetan mesin yang masih kalah daripada astrea series, namun masih menunjukkan tanda-tanda bahwa mesin Supra series memiliki keawetan yang baik dan tahan lama.

Sponsors Link

4. Honda CBR Old

Selain bermain pada segmen motor bebek, Honda juga bermain pada segmen motor sport. Honda CBR old, yang merupakan kakak kandung dari Honda CBR New merupakan salah satu motor sport Honda yang mesinnya terkenal awet, dan berteknologi tinggi. Tidak berbeda jauh dengan desain motor sport lainnya yang memiliki ground clearance yang tinggi baik untuk pengendara maupun untuk penumpang

5. Honda Tiger 2000

Masih dari dalam lingkup motor sport, siapa tak kenal motor Honda Tiger 2000 produksi dari Honda? Tenaga yang ganas, dan kenyamanan yang tinggi membuat motor ini sangat diminati oleh para riders. Bahkan bila dibandingkan adiknya, Tiger Revo, Honda Tiger 2000 jauh lebih awet mesinnya, dan lebih gahar tentunya.

Yamaha Series:

Pesaing Honda, yaitu Yamaha juga memiliki line up motor-motor yang tingkat keawetan mesinnya patut diacungi jempol, yaitu:

6. Yamaha RX Series

RX-KingYamaha RX-Series, seperti RX-King dan RX-Z memiliki kualitas keawetan mesin yang tidak perlu diragukan lagi. Hal ini berkat diusungnya teknologi silinder dan head yang terbuat dari material terbaik hingga sampai saat ini, seri RX ini masih banyak yang memiliki mesin yang bagus tanpa penggantian sperapart mesin yang besar-besaran.

Hingga saat ini para riders masih banyak yang menggunakan motor ini sebagai kendaraan pribadi mereka. Beberapa diantaranya mengkolektor sebagai motor antik yang sudah tidak di produksi lagi oleh Yamaha. Para riders juga suka membuat perkumpulan antara Yamaha RX series ini, hal ini tentunya menjadi nilai plus.

7. Yamaha New Series

Motor Yamaha terbaru menggunakan teknologi yang diklaim memiliki efisiensi pada bahan bakar dan sangat awet. Adalah teknologi dyasil cylinder dan teknologi forged piston yang membuat motor-motor produksi Yamaha generasi terbaru memiliki keawetan mesin yang baik. Bahkan Yamaha sanggup memberikan jaminan garansi mesin selama 5 tahun, dan hal ini memang telah terbukti.

  • Dyasil Cylinder

Diasil, merupakan kepanjangan dari Die Alumunium Silicon, yang artinya, bagian silinder dari motor-motor Yamaha dibuat dari campuran bahan aluminuim dan silicon.

  • Forged Piston

Piston yang dibuat dengan cara ditempa, bukan dicetak seperti pembuatan piston pada umumnya. Motor Yamaha yang mengaplikasikan teknologi dyasil cylinder dan forged piston ini antara lain:

  • Yamaha New Jupiter MX
  • Yamaha Vixion Lighting
  • Yamaha Xeon
  • Yamaha Mio J, Mio GT, dan Mio Soul
  • Yamaha NMax

Kawasaki Series

8. Kawasaki Ninja 150

kawaski-ninja-150ccKawasaki Ninja 150 merupakan salah satu motor lawas yang masih bertahan hingga kini. Mengapa? Salah satu jawabannya adalah kualitas mesinnya yang awet dan mampu bertahan lama. Terutama Kawasaki Ninja yang lahir dengan blok PDK series, yang memiliki kekuatan material yang sangat baik, dan mampu bertahan lama.

Kawasaki yang juga merupakan brand motor sport terbesar, memiliki keunggulan yaitu mesin yang tangguh dan tahan lama. Dengan keunggulan ini, terbukti dari motor Kawasaki Ninja 150 yang dapat bertahan dari tahun ke tahun dan telah dirasakan sendiri oleh para riders yang telah mengendarai motor ini.

Sponsors Link

Suzuki Series

Suzuki pun tidak mau kalah dalam persaingannya sebagai motor yang memiliki keawetan mesin yang baik. Berikut ini motor Suzuki yang memiliki keawetan mesin yang baik:

9. Suzuki Smash

Smash merupakan motor bebek andalan Suzuki, yang sudah bertahan selama lebih dari 1 dekade, yang masih diproduksi hingga saat ini. Berikut beberapa generasi Suzuki Smash:

  • Suzuki Smash
  • Suzuki New Smash
  • Suzuki Smash Titan
10. Suzuki Shogun

Suzuki ShogunSuzuki Shogun merupakan motor Suzuki yang memiliki banyak keunggulan, begitu pula dengan keawetan mesinnya. Banyak mesin motor Suzuki Shogun series yang mesinnya masih baik hingga sekarang. Berikut ini beberapa seri dari Suzuki Shogun yang mesinnya terbilang ckup awet:

  • Shogun 110
  • Shogun 125 SP, NR

Itulah beberapa motor yang memiliki keawetan mesin yang jempolan. Namun demikian, agar mesin menjadi lebih awet pengendara juga dapat melakukan beberapa tips di bawah ini:

  • Selalu gunakan sperpart original.
  • Gunakan oli yang sesuai dengan spek mesin.
  • Rutin melakukan servis.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 30th, March 2015 / 06:20 Oleh :
Kategori : Review Motor
5 Comments on “10 Motor dengan Mesin Paling Awet Hingga Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published.