Motor Keluar Asap : Penyebab dan Cara Mengatasi

Advertisement

Keluar asap pada bagian mesin motor

Gejala keluar asap motor yang pertama adalah keluar asap pada bagian mesin motor. Ya, kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang lazim dan juga umum terjadi pada kendaraan bermotor, seperti mobil dan juga motor tentunya. Penyebab utama motor keluar asap pada bagian mesinnya adalah faktor overheat, alias mesin motor terlalu panas atau suhunya sudah lebih dari 100 derajat celcius. Nah, bagaimana kejadiannya sehingga mesin motor bisa mengalami overheat dan akhirnya mengeluarkan asap? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan motor keluar asap pada bagian mesin akibag overheat :

  1. Motor digunakan terlalu jauh dan terlalu lama dalam rpm yang tinggi

Faktor pertama yang menyebabkan mesin overheat, sehingga menyebabkan motor menjadi berasap adalah karena pemakaian motor itu sendiri yang terlalu berlebihan. Biasanya hal ini terjadi apabila anda terlalu lama menggeber kendaraan anda dalam rpm dan juga kecepatan tinggi. Biasanya, ketika anda melakukan touring jarak jauh, hal ini bisa terjadi pada motor anda. Nah, ketika anda menggeber motor dalam rpm yang tinggi dalam waktu yang lama, maka hal ini akan menyebabkan gesekan antara silinder dengan liner pada blok mesin anda akan menjadi sangat ti ggi dan menyebabkan mesin menjadi sangat panas. Hal ini berpotensi menyebabkan overheat, dan membuat motor anda mengeluarkan asap dari bagian mesin motor anda.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi hal ini?

Nah, untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, sehingga motor anda bisa berhenti mengeluarkan asap. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan :

  • Tepikan kendaraan anda apabila anda sudah menempuh jarak lebih dari 50 km dengan rpm tinggi
  • Optimalkan sistem pendinginan, dengan menambahkan air scoop, agar udara bisa membantu pendinginan blok mesin motor anda
  • Yang terpenting, apabila motor anda mengalami panas dan keluar asap dari mesin, JANGAN disiram dengan air. Tunggu saja hingga dingin, kira – kira 30 menit. Menyiram mesin dengan air ketika mengalami overheat, akan menyebabkan perubahan struktur campuran aluminium dan besi pada blok mesin motor anda.
Sponsors Link

  1. Kerusakan pada sistem pendinginan, atau sistem pendinginan yang kurang optimal dalam bekerja

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan motor berasap akibat overheat adalah karena adanya kerusakan pada sistem pendinginan atau cooling system. Biasanya hal ini terjadi apabila sistem pendinginan mesin mengalami masalah. Bagi anda yang menggunakan motor yang bersistem pendingin cairan, alias radiator, maka hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Air radiator habis dan tidak terkontrol
  • Kerusakan pada kipas
  • Kerusakan pada ecu ataupun thermostat
  • Kebocoran pada selang – selang radiator

Bagaimana menghadapi masalah ini?

Nah, tentu saja permasalahan overheat yang mengakibatkan motor keluar asap ini bisa kita atasi dan juga kita cegah. Berikut ini adalah bebedapa cara untuk mencegah dan juga mengatasi masalah mesin motor keluar asap akibat overheat :

  • Selalu cek instalasi pendinginan pada mesin motor anda, seperti selang radiator, selang oil cooler, air radiator, kipas, kelistrikan radiator dan juga thermostat
  • Selalu cek kadar air radiator yang anda gunakan, jangan sampai habis dan kering
  1. Kesalahan dalam menggunakan oli mesin

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan motor kelur asap akibay overheat adalah pemilihan oli mesin anda. Ya, oli mesin merupakan salah satu faktor kritis dalam menjaha suhi mesin kendaraan anda. Salah penggunaan oli mesin, maka hal tersebut bisa menyebabkan mesin motor anda mudah mengalami overheating, dan kemudian akhirnya malah akan mengeluarkan asap akibat overheating. Apalagi apabila anda ternyat salah, dan mendapatkan oli bekas atUpun palsu. Jenis oli tersebut dapat menyebabkan mesin motor dapat mengalami overheat dengan cepat. Saran terbaik adalah, selalu ganti oli mesin anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor anda, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kemudian, anda juga bisa mencari oli yang bisa membantu mendinginkan mesin. Meskipun tidak signifikan membantu mendinginkan mesin, namun tefap efektif dalam proses pendinginan mesin motor anda agar tidak terjadi overheat.

Keluar asap dari bagian knalpot

Kondisi motor keluar asap berikutnya adalah keluar asap dari bagian knalpot motor anda. Seperti kita ketahui, knalpot merupakan saluran pembuangan terakhir dari seluruh sistem pembakaran kendaran bermotor. Pada motor dan juga mobil modern yang menggunakan mesin bensin dan berteknologi 4 tak dan non diesel, maka sudah wajib hukumny tidak mengeluarkan asap sama sekali. Berbeda dengan mesin berteknologi 2 tak ataupun diesil, yang masih wajar apabila keluar asap dari knalpotnya.

Apa yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap?

Faktor yang menjadi penyebab utama motor anda keluar asap dari bagian knalpot adalah karena adanya oli mesin motor anda yang ikut terbakar pada saat proses pembakaran terjadi. Padahal seharusnya, oli mesin tidak boleh ikut terbakar. Apa saja hal ynv menyebabkan oli mesin ikut terbakar saat proses pembakaran, sehingga motor kelur asap? Berikut ini adalah beberapa hal yng menyebabkan oli mesin ikut terbakar dan menyebabkan motor keluar asap dari knalpot :

  • Kebocoran pada blok mesin, dimana biasanya terjadi karena paking blok mesin mengalai kerusakan atau aus, sehingga oli mesin yang seharusnya terhalang masuk ruang bakar, bisa tembus dan akhirnya ikut terbakar sehingga motor keluar asap dari bagian knalpot.
  • Yang kedua adalah oli mesin masuk ke ruang bakar akibat bagian liner atau seher yang aus dan menyebabkan oli mesin mampu ikut terbakar. Hal ini terjadi ketika baik ring seher, seher, ataupun liner dan blok mesin motor anda mengalami keausan, sehingga oli mesin mampu masuk ke dalam ruang bakar, ikut terbakar dan menyebabkan motor keluar asap.

Bagaimana cara mencegah dan mengatasi hal ini?

Untuk dapat mengatasi motor keluar asap dari knalpot, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah motot keluar asap dari knalpot :

  • Lakukan penggantiab paking set blok mesin, untuk mencegah kebocoran dari oli mesin ke dalam ruang bakar
  • Cek kondisi piston set kendaraan anda, segera lakukan penggantian agaupun oversize apabila memang diperlukan, agar masalah motor keluar asap dari knalpot bisa teratasi.
Sponsors Link

Keluar asap dari bagian body motor

Hal terakhir yang paling sering muncul dan menjadi faktor penting ketika motor keluar asap adalah pada bagian body motor. Banyak terjadi asap keluar dari body motor, dan sangat membuat panik. Biasanya, biang keladi dari hal tersebut adalah karena adanya korsleting dari sistem kelistrikan motor anda. Korsleting ini akan menybabkan kabel menjadi terbakar, dan tentu saja efeknya akan menyebabkan motor keluar asap dari bagian body ny.

Mengapa korsleting bisa terjadi?

Hingga saat ini, ada banyak sekali hal – hal tidak terduga yang menyebabkan terjadinua korsleting pada sistem kelistrikan motor anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkN sistem kelistrikan motor anda mengalami korsleting :

  1. Pemasangan kabel yang salah
  2. Ada kabel yang terkelupas
  3. Kabel positif menempel pada massa
  4. Kerusakan pada bagian magnet, spull, dan bagian kelistrikan lainnya.

Bagaimana mencegah dan megatasi korsleting pada system kelistrikan motor?

Nah, utnuk dapat mencegah dan juga mengatasi, agar korsleting ini tidak muncul pada motor anda, maka ada beberap ahal yang harus anda lakukan, yaitu :

  • Perhatikan pemasangan kabel terminal aki, jangan sampai terkelupas, ataupun terbalik pemasangannya
  • Cek perkabelan secara berkala, misalnya 1 tahun sekali untuk mengecek apakah ada kabel yang terkelupas
  • Hindari mengelupas kabel untuk menambahkan aksesoris kelistrikan tambahan. Ada baiknya penambahan aksesoris kelistrikan menggunakan socket, sehingga lebih aman
  • Selalu perhatikan kondisi sekring motor anda, jangan pernah meremehkan sekring motor anda

Jadi jika motor keluar asap ada bagian bagian tersebut, anda wajib waspada karena terkadang bisa berdampak kronis pada motor hingga harus turun mesin. Tidak hanya itu, kebakaran pun bisa menjadi risiko yang harus anda hadapi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 09:53 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published.