Sponsors Link

Penyebab Knalpot Nembak Saat Gas Turun dan Mengatasinya

Sponsors Link

Knalpot nembak saat gas turun bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa hal yagn menyebabkan knalpot nembak saat gas turun :

ads
  1. Paking knalpot atau knalpot mengalami kebocoran

Penyebab knalpot nembak saat gas turun yang pertama adalah kemungkinan terjadi kesalahan pada bagian knalpot itu sendiri. Biasanya hal ini seringkali disebabkan karena kondisi paking knalpot yang mungkin tidak terkunci sempurna pada blok mesin anda, sehingga gas buang hasil pembakaran tidak tersalurkan ke knalpot, dan menyebabkan munculnya gejala knalpot nembak. Selain itu, faktor knalpot yang bocor dan juga kualitasnya kurang baik juga merupakan faktor berikutnya yang bisa menyebabkan knalpot nembak saat gas turun.

Cara mengatasi hal ini, cukup mudah sebenarnya, anda hanya perlu memastikan bahwa kepala knalpot anda sudah terkunci rapat, lengkap dengan paking knalpot pada bagian blok mesin. Selain itu, pastikan bahwa knalpot motor anda berada pada kondisi yang optimal, dan berfungsi dengan baik.

  1. Penyetelan angin karburator bermasalah atau kurang tepat

Bagi anda yang menggunakan motor dengan menggunakan sistem karburator, maka salah satu hal yang menyebabkan knalpot nembak saat gas turun adalah penyetelan dari angin karburator yang bermasalah dan kurang tepat. Perlu kita ketahui, pada saat melakukan penyetelan karburator, ada dua buah baut yang harus kita perhatikan, yaitu baut untuk menyetel asupan udara ke dalam karburator dan juga untuk mengatur pasokan bahan bakar di dalam karburator. Penyetelan kedua bagian ini tentu saja harus tepat dan juga pas, agar tidak menyebabkan knalpot nembak saat gas turun. Penyetelan karburator yang salah ini juga biasanya menyebabkan motor menjadi :

  • Sulit untuk distarter
  • Ben sin atau bahan bakar banjir
  • Tenaga menjadi kurang baik
  • Terkadang bisa menjadi boros
  • Timbul kerak berlebih akibat asupan bensin yang cukup banyak dan tidak tepat.

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja anda sebelumnya memang harus memahami terlebih dahulu dasar – dasar dari penyetelan udara di dala karburator.Setelan basah, setelan kering, atau setelan normal pun juga harus anda pahami. Cukup sulit memang untuk mengatur setelan udara di karburator, karena membutuhkan sistem trial and error juga. Namun pastikan, apabia anda melakukan penyetelan udara karburator, harus mencari tempat yang sepi, karena anda harus menggeber – geber motor anda untuk mencari settingan penyetelan udara yang pas.

Sponsors Link

  1. Ukuran main jet yang kurang tepat

Main jet dan juga pilot jet merupakan duet maut yang menentukan keberhasilan fungsi karburasi dari sebuh karburator. Pilot jet berperan peting alam proses karburasi ketika motor berada pada RPM bawah, sedangkan Main jet sebaliknya, brpean dalam sistem karburasi ketika motor berada pada RPM atas. Kebanyakan, ketika knalpot nembak saat gas turun, hal ini disebabkan karena faktor ukuran main jet yang kurang tepat, bisa jadi terlalu besar, bisa jadi terlalu kecil. Sama seperti penyetelan udara pada karburator, penggunaan main jet dan juga pilot jet pada karburator ini membutukan proses yang cukup repot, dan harus peka terhadap performa. Faktor trial and error juga berperan penting dalam proses pengaturan atau proses jetting karburator ini.

  1. Masalah pada busi

Masalah lainnya yang menyebabkan knalpot nembak saat gas turun adalah masalah pada busi. Ada dua kemungkinan masalah pada busi yang bisa menyebabkan knalpot nembak saat gas turun, yaitu :

  • Kondisi dan kualitas busi yang sudah tidak baik dan tidak sesuai
  • Kondisi ruang pembakaran yang kotor, sehingga proses pembakaran berjalan tidak sempurna
Sponsors Link

Kondisi dan juga kalitas busi yang sudah tidak baik dan juga tidak sesuai biasanya terjadi karena memang usia busi sudah cukup lama, sehingga tidak mampu menghantarkan listrik dengan baik, ataupun pemilihan jenis busi yang salah. Misalnya saja menggunakan Busi dingin atau busi panas tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Untuk mencegah hal ini, maka pastikan anda menggunakan busi yang standar, dengna elemen chopper (tembaga) ataupun elemen platinum untuk mesin motor kecil dan standar. Penggunaan busi iridium pada mesin standar hanya akan mempercepat usia pemakaian busi, dan kebanyakan tidak cocok untuk mesin motor yang masih standar.

Faktor berikutnya, yaitu ruang bakar yang kotor, bisa kita cegah dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai RON yang tinggi, minimal 90. Hal ini akan membantu mesin bekerja lebih baik, dan dapat membantu membersihkan ruang bakar dari kerak karbon yang menempel di ruang bakar.

  1. Masalah pada sistem dan juga jalur pengapian

Selain masalah pada busi, satu sistem pengapian motor juga data menyebabkan knalpot nembak saat gas turun. Hal ini disebabkan karena pengapian menjadi salah satu hal yang penting dalam pembakaran, yang berpengaruh kepada knalpot nembak. Sistem pengapian yang tidak baik, akan menyebabkan pasokan listrik menjadi tidak stabil, dan berpotensi menyebabkan knalpot nembak saat gas turun. Anda harus mengecek seluruh jalur pengapian, mulai dari koil, CDI, Aki, Magnet dan juga spull, serta sumber pengapian lainnya pada motor anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 14:42 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply