6 Kenapa Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Motor todak bisa distarter sama sekali tidak bisa di prediksi dan merupakan salah satu hal yang  sangat menyebalkan. Kita tidak bisa beraktivitas seperti biasa lagi akibat motor tidak bisa distarter. Sebenarnya apa penyebab motor tidak bisa distarter, dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan motor tidak bisa distarter :

  1. Watter Hammer

Penyebab pertama dari motor yang tidak bisa distarter adalah karena kemungkinan adanya water hammer di motor anda. apa itu watter hammer? Water hammer merupakan sebuah kondisi dimana adanya air yang secara tidak senagaja masuk ke dalam mesin motor anda, sehingga menghambat proses pemabakaran. Seperti kita ketahui, bahwa api tidak akan menyala apabila ada air. Maka dari itu, water hammer ini akan menyebabkan api tidak akan muncul dan tidak akan membuat mesinmotor anda menyala.

Bagaimana air bisa masuk ke dalam mesin?

Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan mesin anda mengalami water hammer, alias kemasukan air. Namun demikian, biasanya, yang paling sering terjadi adalah karena banjir yang cukup dalam, sehingga air masuk ke dalam mesin. Biasanya air masuk ke dalam mesin melalui :

  • Lubang busi
  • Karburator (masuk dari ventilasi karburator)
  • Masuk ke dalam ruang pembakaran melalui knalpot

Untuk mencegah terjadinya water hammer ini, hal paling bijak adalah anda jangan pernah menerjang genangan air yang dalam, karena akan sangat berpotensi menyebbkan terjadinya water hammer tersebut. Untuk mengatasi terjadinya water hammer ini, anda bisa membongkar seluruh karbirator dan juga ruang bakar motor anda (bagian head dan juga squish) untuk mengeringkan dan juga membersihkan. Hal ini kemudian akan membantu motor anda bisa distarter lagi.

  1. Busi yang mati

Penyebab motor tidak bisa distarter berikutnya adalah karena faktor busi yang mati dan juga busi yang basah. busi basah disini bukan basah kaena air atau water hammer, melainkan bash karena terlalu banak bahan bakar yang menempel ataupun karena busi basah karena oli yang merembes sampai ke ruang bakar, sehingga menyebabkan busi tidak mampu mengalirkan api. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab busi mati, seperti :

  • Busi yang basah akibat bensin terlalu banyak dan juga karena oli yang merembes
  • Paking yang sudah tidak bagus, sehingga oli merembes ke busi
  • Kode busi yang tidak swesuai denan spesifikasi mesin motor
  • Usia busi yang sudah terlalu tua, lebih dari masa pakai busi standar
  • Pemilihan busi panas atau busi dingin yang tidak sesuai, sheingga cepat mati. Hal ini biasanya terjadi pada pemilihan tipe busi standar, platinum dan juga busi iridium

Bagaimana mencegah hal ini agar tidak terjadi?

Nah, untuk dapat mencegah agar kejadian motor tidak bisa distarter akibat busi mati ii tidak terjadi, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan,s eperti :

  • Mengganti busi anda secara berkala sesuai dengan anjuran dari pabrik
  • Menggunakan cop busi sesuai standar
  • Menggunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin anda. busi yang tidak cocok akan lebih cepat mati dan juga rusak
Sponsors Link

  1. Sistem pengapian mengalami kerusakan

Selain dari busi, penyebab motor tidak bisa distarter berikutnya adalah karena faktor pengapian. Ya, pengapian merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam proses starter motor. Apabila pengapian motor mengalami masalah, maka motor tidak akan bisa distarter. Berikut ini adalah beberapa part pengapian yang apabila rusak bisa menyebabkan motor tidak bisa distarter :

  • Kabel koil
  • Koil
  • CDI
  • Platina
  • Spull
  • Magnet
  • Sistem perkabelan pada motor anda (kabel body)

Komponen – komponen tersebut merupakan jomponen kelistrikan yang sangat berpengaruh terhadap pengapian motor anda. apabila salah satu diantaranya mengalami gangguan dan juga kerusakan, maka hal ini akan menyebabkan motor adna tidak bisa distarter. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengganti part yang rusak dengan part original.

  1. Kerusakan pada dynamo starter dan juga bendiks starter

Bagi anda yang menggunakan motor berelektrik starter, mungkin sering sekali mengalami hal ini. starter elektrik motor anda tidak bisa digunakan sama sekali, sehingga motor anda tidak bisa distarter. Padahal ketika anda cek, aki dan semua sistem kelistrikan motor anda tidak mengalami masalah sama sekali. Nah penyebab motor tidak bisa distarter tersebut bisa saja berasal dari kerusakan pada dynamo starter dan juga bendik starter pada motor anda. kedua komponen ini merupakan komponen penting yang membantu proses elektrik starter pada motor anda. anda perlu mengecek kedua komponen ini dan melakukan penggantian apabila memang rusak.

Biasanya, dynamo starter dan juga bendik starter bisa mengalmai kerusakan karan faktor usia, dan kualitas produk yang kurang baik. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengganti komponen tersebut dengan komponen original, sehingga lebih tahan lama dan bisa digunakan lebih baik dan juga optimal.

Sponsors Link

  1. Aki yang sudah mati

Nah, aki merupakan salah satu hal yang menyebabkan motor tidak bisa distarter. Hal ini terjadi dalam dua hal atau dua kondisi, yaitu :

  • Aki yang sudah soak, dan tidak sanggup mengangkat starter elektrik

Pada poin ini, motor anda mungkin masih bisa distarter dengan menggunakan engkol biasa. Namun demikian, starter elektrik motor anda tidak akan bisa bekerja sama sekali, dan apabila motor anda tidak memilki engkol, maka hal ini akan menyebabkan motor anda tidak bisa distarter. Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti aki baru, atau pelakukan pengecasan terhadap aki anda.

  • Aki yang benar – benar mati, sehingg tidak mampu menyediakan listrik bagi motor yang menganut sistem pengapian DC

Yang kedua, bagi motor yang menganut sistem pengapian DC, atau direct current, aki adlah salah satu elemen yang penting, karena pengapian diatur oleh teganagan dari aki. Apabila aki anda benar – benar mati sama sekali, maka motor yang menganut sistem pengapian DC akan tidak bisa distartter. Dampaknya apabila dipaksakan adalah kerusakan pada komponen CDI. Cara terbaik adalah dengan mengganti aki dengan aki yang baru, agar sistem pengapian bisa berjalan dengan labih optimal lagi.

  1. Kabel kunci kontak atau kunci kontaknya mengalami masalah

Masalah yang cukup sering terjadi, namun banyak orang dan juga mekanik yang tidak sadar akan maslaah ini. ya, kunci kontak. Kerusakan atau masalah pada kunci kontak dan juga kabel pada kunci kontak juga merupakan salah satu penyebab motor tidak bisa distarter. Biasanya, hal ini terjadi karena kabel terkelupas, atau bagian kunci kontak yang mengalami karat, sehingga tidak mampu memutus dan mnyambung aliran listrik lagi.

Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mengganti kunci kontak motor anda saja dengan yang original tentunya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 07:38 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published.